Minggu, 11 Desember 2011

Silabus PKn MTs


SILABUS


Madrasah                        : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas                               : VII
Mata Pelajaran                : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                          : I ( satu )
Standar Kompetensi       : 1. Menunjukkan sikap positif  terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR


TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa an, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat


Norma -norma dalam masyarakat

·                     Mencari informasi dari berbagai sumber tentang norma-norma , kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat misal:surabaya, dll
·                     perbedaan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat
·                     Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dimasyarakat

·                     Membuat laporan



· Menjelaskan hakekat norma
· Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
· Menguraikan macam-macam norma


Tes tulis


Tes
Uraian


1.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan norma!
2.  Jelaskan apa manfaat norma bagi kehiudupan manusia dalam pergaulan di masyarakat!

3.  Uraikan macam-macam norma yang ada di masyarakat!


8  x 40’


Buku teks PKn, contoh norma, Tokoh masyarakat
artikel/berita
di media massa,  dan lain-lain


1.2.Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara


Norma hukum

· Mencari informasi dari berbagai sumber tentang :
o   pengertian dan pembagian  hukum
o   perbedaan hukum publik dan hukum privat


·    Mendiskusikan tujuan dan fungsi  hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

· Menunjukkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan sehari-hari


· Menjelaskan pengertian hukum
· Menjelaskan pembagian hukum menurut sifat, bentuk dan isinya

· pentingnya  norma hukum dalam kehidupan bernegara







· Menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya  hukum dalam suatu negara


· Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidupan sehari-hari



Tes Lisan
Tes Tulis




Tes Tulis
















Non tes

Daftar pertanyaan

uraian




Tes PG dan
uraian















Penugasan

Jelaskan pengertian hukum


Jelaskan pembagian hukum menurut :
1.         sifatnya
2.          bentuknya
3.         isinya

Alasan masyarakat memerlukan norma hukum,adalah….
a.         ingin  berbuat yang terbaik bagi dirinya
b.         belum semua kepentingan  terwadahi dalam norma yang lain
c.         tidak semua orang mentaati norma yang ada
d.         hendak mewujudkan kepastian hukum

Tujuan ditetapkannnya norma hukum adalah untuk mewujudkan ....
a.       keadilan
b.      kepastian hukum
c.       ketertiban dalam  masyarakat*
d.      kebahagiaan bagi masyarakat

Buatlah laporan hasil pengamatan tentang
pelanggaran terhadap tata tertib Madrasah oleh siswa dalam rentang satu minggu!

8 x 40’


Buku teks, contoh UU,PP, atau Perda, artikel/berita di media massa,  dan lain-lain

1.3 Menerapkan nor   ma-norma, kebi asaan-kebiasa an, adat istia dat dan peratur an yang berlaku dalam kehidup an bermasyara kat, berbangsa dan bernegara
Norma -norma dalam masyarakat
·  Menjelaskan pentingnya penerap an  norma , kebiasa an dan adat istiadat Menganalisis akibat yang akan ditimbulkan bila tidak menerapkan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat

·  Memberikan contoh penerapan  norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat

Portofo
lio
Dokumen pekerjaan siswa
laporan tentang jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat  istiadat yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalnya.


Aspek-aspek yang dinilai :
1.  Ketepatan mengumpulkan tugas
2.  Kerapihan
3.  Isi atau materi yang dilaporkan
4.  Sumber data jelas
4 x 40’


Buku teks, contoh norma,
Tokoh agama, tokoh adat,
Ketua RT/RW
Orang tua


SILABUS

Madrasah                    : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                      : I ( satu )
Standar Kompetensi   : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU





SUMBER BELAJAR


TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
2.1              Enjelaskan makna proklamasi kemerdekaan




Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

Menelaah dan mendiskusikan isi tulisan tentang sejarah penjajahan bangsa asing di Indonesia

·     Menguraikan perjuangan bangsa Indo nesia dalam mencapai kemerdekaan

·     Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa

·     Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
Tes tulis






Tes tulis





Tes Tulis







Tes Uraian






Tes Uraian





Tes Uraian
Sebutkan perlawanan-perlawanan  yang dilakukan setelah tahun 1908  dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia!




Jelaskan pentingnya kemerdekaan bagi martabat dan kesejahteraan dan suatu bangsa!



Mengapa jiwa atau semangat proklamasi tetap diperlukan sepanjang hayat?

Tunjukkan contoh semangat proklamasi dalam kehidupan dewasa ini!
4 x 40’

Buku teks, artikel dll

2.2              Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama








2.3.Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945









Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

Membaca , mendiskusikan dan mensimulasikan  suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945
·     Menjelaskan suasana sidang PPKI  tanggal 18-8-1945
·     Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945



·    Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
·    Menjelaskan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945

Penugasan



Tes tulis







Tes tuli
Tugas individu



Tes Uraian







Tes Uraian
Gambarkan suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945?



Uraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945!






1. Jelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
2. Jelaskan hubungan antara proklamasi  dengan UUD 1945
6 x 40’












2 X 40





Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan
Teks Proklamasi







2.4.Menunjukkan si kap positif terha dap makna prok lamasi kemerde kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama

Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

Mencari informasi dari berbagai sumber, menelaah, mendiskusikan  tentang makna proklamasi bagi kehidupan bangsa
·     Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama
Kuesio
ner

Daftar
ceklist
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYATAAN

YA

TDK
1
Proklamasi membawa kebe basan bagi bangsa Indonesia


2
Di negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja


3
Pada saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa Indonesia belum mempunyai presiden


4
UUD 1945 petama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI


5
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945






Keterangan:
Ya= sependapat dengan pernyataan  ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)
4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan
Dokumentasi berupa poto-poto sidang PPKI


SILABUS


Madrasah                    : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                      : II ( dua )
Standar Kompetensi   : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

3.1              Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM


Perlindungan dan Penegakkan HAM

Membaca dan mendiskusi kan materi tentang tugas, peran lembaga-lembaga perlindungan HAM, seperti : Komnas Hak Asasi Manu sia;Yayasan Lembaga Ban tuan Hukum Indonesia; Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekeras an ( Kontras ) dan Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat


· Menjelaskan pengertian HAM

· Menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di Indonesia


· Menyebutkan lembaga-lembaga perlindungan HAM

· Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional












Tes Lisan

Tes tulis





Tes Lisan


Tes tulis


Daftar pertanyaan

Tes
Pilihan Ganda


Daftar pertanyaan

Tes
Pilihan Ganda


Jelaskan pengertian HAM!

Berikut ini merupakan dasar hukum HAK ASASI MANUSIA di Indonesia ....
a. UU No.20 Tahun 2003
b. UU No. 8 Tahun 1998
c. UU No. 32 Tahun 2004
d. UU No. 39 Tahun 1999

Sebutkan 3 lembaga perlindungan HAM
 di  Indonesia


Lahirnya perundang-undangan HAK ASASI MANUSIA nasional terutama di latar belakangi hal-hal  berikut ini, kecuali:
a.       komitmen untuk melaksanakan UDHR
b.      desakan masyarakat untuk mengembangkan kehidupan yang lebih demokratis
c.       melaksanakan amanat Tap MPR No.XVII/MPR/1998 tentang HAK ASASI MANUSIA
d.      supaya paHak Asasi Manusia perorangan (individualisme) tergeser paham kekeluargaan (kolektivisme)


4 X 40

























Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM

3.2  Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM

Perlindungan dan Penegakkan HAM
Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggaran HAM di lingku ngan keluarga, Madrasah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, Madrasah, dan masyarakat


· Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM

Tes lisan



Penuga
san


Penuga
san




Daftar
Pertanyaan

Tugas rumah


Tugas
Proyek



·   Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di rumah, Madrasah dan lingkungan tempat tinggal kalian!

Tugas :
Buat klipping dari guntingan surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM

Tugas :
Mengunjungi  atau mewawancarai anggota kepolisian setempat tentang upaya yang dilakukannya dalam rangka penanganan pelanggran HAM di wilayahnya
4 x 40’













Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM, Media massa
Aparat kepolisian

3.3  Menghargai upa ya perlindungan HAM


Perlindungan dan Penegakkan HAM

Membaca, mendiskusikan dan membuat laporan tentang pasal-pasal UUD 1945 hasil perubahan yang memuat kandungan Hak Asasi Manusia


· Menguraikan peranan lembaga perlindungan HAM







· Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM


Tes tulis









Tes tulis

Tes
Uraian








Tes
Pilihan Ganda






Uraikan secara jelas dan tepat peranan lembaga perlindungan HAM di bawah ini!
1.      Komnas Hak Asasi Manusia
2.      Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia
3.      Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekersan
4.      Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat

Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan. Pernyataan ini merupakan rumusan jaminan hak asasi manusuai yang terdapat dalam pasal 28, khususnya ayat....
a.(1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)


8 x 40’











Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM,
Komnas HAM
YLBHI
Kontras
LSAM
3.4  Menghargai upa ya penegakkan HAM

Perlindungan dan Penegakkan HAM
Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang upaya-upaya penegakkan HAM di lingkungan keluarga, Madrasah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
· Menunjukkan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya






























· Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya

Kuesio
ner


































Unjuk Kerja

Skala sikap


































Tes Simulasi



Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYATAAN

SS

S

N

TS

STS
1
Orang tua yang melalukan pel anggaran HAM harus diadili se suai dengan tingkat kesalahannya





2
Upaya penegakan HAM ha rus dimulai dari keluarga





3
Guru adalah salah satu aparat pene gak HAM di Madrasah





4
Kewajiban me negakkan HAM terletak  ditangan aparatur kepolisian dan LSM pemerhati HAM





5
Guru yang me nempeleng sis wanya karena tidak mengerjakan PR adalah bentuk upa ya penegakan HAM di kelas





Keterangan:
SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )
N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif )
STS  = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )





Simulasikan  sikap dan perilaku positif  yang menggambarkan upaya penegakan dan perlindungan HAM di lingkungan keluarga







4 x 40’
Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM,
Media massa
Anggota kepolisian
Tokoh masyarakat


SILABUS

Madrasah                    : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso3
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                      : II ( dua )
Standar Kompetensi   : 4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat

Kemerdekaan mengemukakan pendapat

Mengamati , mencermati dan membuat laporan ten tang pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pen dapat di lingkungan keluarga, Madrasah dan masyarakat sekitar tempat tinggal

· Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat 











· Mengkaji akibat pembatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat
· Mendeskripsikan konsekuensi kebe basan mengemu kakan pendapat tanpa batas

Tes tulis















Tes lisan



Tes
lisan

Tes Pilihan Ganda














Daftar pertanyaan



Daftar pertanyaan





Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak setiap...
a.         WNI 
b.         WNA
c.         Penduduk
d.         Manusia


Wujud pelaksanaan kemerdekaan menyampaikan pendapat secara lisan di muka umum ....
a.         demonstrasi
b.         pawai
c.         rapat umum
d.         mimbar bebas

Apa akibatnya bila ada pembatasan kebebasan  mengemukakan pendapat  ?



Apa akibatnya kalau dalam  mengemu kakan pendapat  tanpa batas?
8 x 40’



























Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
4.2  Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Diskusi dalam rangka mempraktekkan  kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab de ngan tema “ Larangan merokok di kalangan pelajar SMP”. Siswa diminta melaporkan tentang kesan dan pesan pelaksanaan diskusi tersebut .
·   Menjelaskan dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat




·   Menjelaskan hake kat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertang gung jawab





·   Menjelaskan  tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab



Tes
tulis







Tes
tulis









Tes
tulis

Tes
Pilihan Ganda






Tes
Pilihan Ganda








Tes
Pilihan Ganda
UUD 1945 memberikan jaminan ter hadap kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertuang dalam pasal....
a.          27
b.          28
c.          29
d.          30

Berikut ini adalah kewajiban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi dalam menyampaikan pendapat di muka umum, kecuali ....
a.         menjaga keutuhan, persatuan  dan kesatuan bangsa
b.         menjaga keamanan dan ketertiban
c.         menjaga kepen tingan kelom pok/etnis tertentu
d.         menghormati hak dan kebebasan orang lain

Sebelum melakukan demonstrasi penanggung jawab  terlebih dahulu harus....
a.         mendata jumlah anggotanya yang akan berdemo
b.         mengadakan mobilisasi anggota yang akan berdemo
c.         mengajak organisasi lain untuk berdemo
d.         memberitahukan kepada aparat berwenang selambat-lambatnya 3X24 jam

4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
4.3Mengakuatlisasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Mengamati , mencermati dan membuat laporan pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingku ngan keluarga, Madrasah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
· Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

Kuesi
oner
Skala sikap
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYATAAN

SS

S

N

TS

STS
1
Bagi kelompok yang akan ber demo diaharuskan meminta izin terlebih dahulu





2
Dalamberdemo harus jelas sia yang menjadi papimpinan, berapa jumlah peserta dan apa yang akan disampaikan nya





3
Hari Minggu ti dak boleh mela kukan demo





4
Membakar poto presiden, dan  lambang negara dalam berdemo merupakan tindakan pidana





5
Berdemo yang disertai peng rusakan fasili tas umum merupakan tindakan anrkis





Keterangan:
SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )
N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif )
STS  = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )


4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat





SILABUS

Sekolah                       : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas                           : VIII
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                      : I ( satu )
Standar Kompetensi     : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

1.1.Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara


·     Menjelaskan  pentingnya ideologi  bagi suatu bangsa dan negara








·     Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara









·     Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh



Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara

Membaca dan mendiskusikan isi tulisan tentang  Pancasila sebagai dasar da ideologi negara RI



Tes Tulis











Penugasan












Tes tulis


Tes
Pilihan ganda









Tugas rumah











Tes Uraian


Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan ....
A. menjadi bangsa yang kuat
B. memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan*
C. mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain
D. mampu mempertahan- kan kelangsungan hidup bangsanya

Bacalah buku atau artikel tentang proses perumusan Pancasla sebagai dasar negara dalam sidang BPUPKI tgl. 29 Mei-1 Juni 1945.  Buatlah ringkasan isi tulisan tersebut sepanjang kira-kira satu halaman dan kumpulkan hasilnya!




Sila-sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Jelaskan maksudnya dan berikan contoh tentang sila Persatuan Indonesia!

4x40’



Buku teks,
buku atau tulisan tentang Pancasila

,


1.2. Menguraikan  nilai-nilai Pancasila  sebagai  dasar negara  dan ideologi negara



·     Menemukan nilai -nilai Pancasila dalam buku Negara Kertagama


·     Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia











·     Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila




Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara

Membaca dan mengamati nilai-nilai Pancasila



Tes tulis





Penugasan














Tes tulis


Tes
Uraian




Tugas proyek













Tes
Pilihan ganda



Istilah Pancasila sudah ditemukan dalam buku Negara Kertagama karangan Mpu Prapanca. Uraikan isi Pancsila tersebut!

Bagilah kelas Anda menjadi lima kelompok. Tugas setiap kelompok  adalah mengidentifikasi dan menunjukkan berbagai adat istiadat, budaya, atau kebiasaan hidup sehari-hari dalam lingkungan Anda yang mencermin kan perwujudan salah satu sila dari Pancasila. Setiap kelompok mengidentifikasi sila yang berbeda. Laporkan hasil kerja kelompok Anda!

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara lain adalah ....
A. menghargai perbedaan pendapat
B. menghragai hasil karya orang lain
C. memiliki semangat gotong-royong
D. menjunjung tinggi prinsip persamaan derajat*


4 x 40’


Buku teks,
buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila

1.3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

·     Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila




·     Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa


·     Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara
Mengamati dan menunjukkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Tes tulis







Tes tulis







Tes tulis


Tes
Uraian






Tes
Uraian






Tes
Uraian

Pemberontakan G 30 S/PKI merupakan penghianatan terhadap Pancasila. Jelaskan akibat-akibat yang ditimbulkannya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara!

Pancasila merupakan dasar negara yang dapat mempersatukan bangsa. Tunjukkan bukti-bukti yang mendukung pernyataan tersebut!


Pancasila merupakan dasar negara yang seharusnya melandasi semua peraturan perundang-undangan. Tunjukkan hal-hal yang positif jika pernyataan tersebut benar-benar dilaksanakan!
2 x 40’


Buku teks, UUD 1945


1.4. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat

·     Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik





·     Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi


·     Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial


Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara
Mengamati dan menampilkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Penugasan








Tes tulis





Penugasan
Tugas proyek







Tes
Uraian




Tugas
rumah
Pendukung calon Kepala Daerah yang mau menerima kekalahan dengan sportif dapat dipandang sebagai sikap positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya! Diskusikan dalam kelompok dan laporkan hasilnya!

Tunjukkan sikap positif  seorang pedagang terhadap Pancasila, ketika barang-barang kebutuhan pokok sedang langka di pasaran!

Di kota-kota besar sering kita temui suatu kampung yang penduduknya berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka hidup dengan rukun dan damai. Hal yang demikian mencerminkan sikap positif positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya!

2 x 40’


Buku teks, buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila




SILABUS

Sekolah                       : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas                           : VIII
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                      : I ( satu )
Standar Kompetensi   : 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

2.1.Menjelaskan ber-bagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia


·     Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUD 1945

·     Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut Konstitusi RIS

·     Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUDS 1950

Sejarah
Perkembangan UUD 1945

Menelaah isi buku tentang perkembangan konstitusi dan UUD 1945.


Tes tulis





Tes tulis




Tes tulis


Tes
Uraian




Tes
Uraian



Tes
Uraian


Jelaskan pengertian negara Indonesia sebagai negara kesatuan yang berbentuk republik!


Dalam sistem Konstitusi RIS terdapat negara di dalam negara. Jelaskan maksudnya!


Dalam sistem UUDS 1950, Indonesia menerapkan bentuk republik parlementer. Jelaskan maksudnya!


2x 40’


Buku teks, UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950


2.2.Menganalisis penyimpanga-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia

·     Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 pada peri-ode 1945-1949




·     Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi

·     Menunjukkan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
Mengkaji penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD

Tes tulis








Tes tulis








Tes tulis



Tes
Pilihan ganda






Tes
Uraian







Tes
Uraian

Bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949 adalah ....
A. pemberlakuan UUDS
B. berlakunya sistem parlementer*
C. pembubaran Konstituante
D. penangkatan Presiden seumur hidup
Tunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Lama, 1949-1965!





Pada masa Orde Lama, seluruh anggota DPRS diangkat oleh Presiden. Demikian pula pada masa Orde Baru, sebagian anggota DPR dipilih oleh Presiden. Jelaskan akibatnya!
2 x 40’

Buku teks, buku tentang perkembangan ketatanega-raan republik Indonnesia


2.3.Menunjukkan  hasil-hasil amandemen UUD 1945


·     Menunjukkan adanya peluang untuk melakukan perubahan atau amandemen UUD 1945

·     Menjelaskan proses amandemen atau perubahan UUD 1945

·     Menunjukkan pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
Mengkaji amandemen atau perubahan UUD 1945

Tes Tulis






Tes tulis





Penugasan


Tes
Uraian





Tes
Uraian




Tugas rumah


Pada masa Orde Baru berkembang kemauan politik yang bermaksud mampertahankan UUD 1945. Jelaskan makna yang terkandung dalam pasal 37 UUD 1945!
Jelaskan prosedur pengajuan usul perubahan UUD 1945!




Buatlah identifikasi pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945, yang dilakukan dalam Sidang Umum MPR 1999, 2000, 2001, dan 2002.

2 x 40’


UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945

2.4 Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen
·     Menjelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945


·     Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi

·     Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap hak-hak asasi manusia

Sejarah
Perkembangan UUD 1945
Mengamati respon terhadap amandemen UUD 1945

Tes tulis






Tes
tulis







Tes
tulis

Tes
Uraian





Tes
Uraian







Tes
Uraian
Jelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945 dalam menghadapi berbagi perubahan!



Jelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi!





Jelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap  perlindungan terhadap HAM!
2 x 40’

UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945








SILABUS

Nama Sekolah             : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas                           : VIII
Mata pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                      : 1 ( satu )
Standar Kompetensi   : 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

3.1  Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional

·     Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan

·     Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan

·     Menguraikan bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional


Peraturan Perundang-undangan nasional

Membaca isi Undang-Undang No. 10/Tahun 2004



Tes tulis






Tes tulis




Tes tulis


Tes
Uraian





Tes
Urian



Tes
Pilihan ganda


Kedudukan UUD 1945 merupakan sumber hukum bagi semua peraturan perundang-undangan. Jelaskan maksudnya!


Jelaskan fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!


Bentuk peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah Undang-Undang adalah ....
A. Ketetapan MPR
B.  Peraturan Pemerintah*
C.  Peraturan Presiden
D. Keputusan Presiden







2x40’



Buku teks, Buku
UU No.10/ 2004 tentang Pembentukan peraturan Perundang-undangan,



3.2. Mendeskripsikan proses
       pembuatan peraturan perundang-undangan nasional


·     Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang


·      Mendeskrpsikan proses pembuatan peraturan daerah

Peraturan Perundang-undangan nasional

Mengkaji proses pembuatan peraturan perundang-undangan



Penugasan




Penugasan


Tugas rumah



Tugas rumah



Jelaskan prosses pembuatan undang-undang, mulai dari pengajuan RUU hingga pengesahannya!

Jelaskan prosses pembuatan peraturan daerah, mulai dari pengajuan rancanaagan peraturan daerah hingga pengesahannya!.

4 x 40’


Buku teks, artikel, berita surat kabar


3.3.Menaati peratur-an perundang-undangan nasional

·     Menjelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan

·     Menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan
Peraturan Perundang-undangan nasional
Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap peraturan perundang-undangan



Tes tulis







Penugasan

Tes
Uraian






Tugas rumah

Jelaskan hubungan antara isi pasal 27 ayat (1) dengan keberadaan peraturan perundang-undangan!




Buatlah identifikasi tentang sikap atau perbuatan yang menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan! Kemukakan secara tertulissekurang-kurangnya sepuluh contoh sikap atau perbuatan!
4 x 40’

Buku teks, artikel, berita surat kabar


3.4. Mengidentifi kasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia


·     Menunjukkan upaya pemberan-tasan korupsi di Indonesia


·     Mengidentifikasi kasus korupsi di daerah

Peraturan Perundang-undangan nasional


Mengamati pemberitaan media masa tentang kasus korupsi dan pemberantasan korupsi


Tes tulis





Penugasan

Tes
Uraian




Tugas rumah

Jelaskan pengaruh Undang– Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia!
Buatlah identifikasi kasus korupsi  di daerah  Anda yang  sedang disidangkan atau telah divonis oleh pengadilan!
2 x 40’

Buku teks, berita media masa


3.5. Mengidenifi kasi pengertian anti korupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia

·     Merumuskan pengertian korupsi

·     Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi

·     Menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi
Peraturan Perundang-undangan nasional
Mengkaji UU No. 29 Thn 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN
UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

Tes tulis



Tes tulis




Tes tulis


Tes
Uraian


Tes
Uraian



Tes
Uraian
Buatlah pengertian korupsi menurut pengertian Anda!


Sebutkan landasan hukum pemberan tasan korupsi di Indonesia!


Sebutkan lembaga-lembaga pemberan tasan korupsi di Indonesia!
4 x 40’
UU No. 29 Thn 1999
UU No. 31 Thn 1999












SILABUS

Nama Sekolah                   : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas                                 : VIII
Mata pelajaran                   : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                            : II ( dua )
Standar Kompetensi         : 4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

4.1  Menjelaskan hakikat demokrasi



·     Menjelaskan
pengertian demokrasi

·     Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi






·     Menguraikan macam-macam demokrasi



Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan

Menelaah buku atau artikel tentang  demokrasi dan perkembangannya


Tes



Tes tulis









Tes tulis


Tes
Uraian


Tes
Pilihan ganda







Tes
Pilihan ganda


Jelaskan pengertian demokrasi secara etimologis maupun terminologis!

Pelaksanaan demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat  terlaksana karena....
A. jumlah penduduk
    nya sedikit*
B. permasalahannya sederhana
C. kehidupan politik-nya stabil
D.  Masyarakatnya homogen

Demokrasi yang diterapkan di negara-negara barat, seperti Amerika serikat, adalah demokrasi ....
A. rakyat
B. liberal*
C. totaliter
D. terpimpin




4 x 40’



Buku teks, artikel dll


4.2  Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara


·     Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi

·     Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan politik

·     Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi

Demokrasi dalam ber bagai aspek kehidupan
Menelaah buku atau artikel tentang kehidupan demokrasi

Tes tulis




Tes tulis






Tes tulis


Tes
Uraian



Tes
Uraian





Tes
Uraian


Jelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam menata kehidupan bersama!


Tunjukkan cara-cara pemilihan Presiden secara demokratis!





Tunjukkan bahwa koperasi merupakan praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi!


4 x 40’


Buku teks, artikel dll



4.3  Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan


·     Menunjukkan kebaikan budaya demokrasi

·     Menampilkan sikap demokratis dalam kehidupan masyarakat



Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan

Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap demokratisasi


Penugasan



Tes tulis

Tugas rumah


Tes
Uraian

Tunjukkan kebaikan budaya demokrasi dibanding budaya otoriter!

Jika suatu ketika Anda diminta memimpin pertemuan remaja, apa yang akan Anda lakukan terhadap berbagai usul dan berbagai perbedaan pendapat!


8 x 40’

Buku teks, artikel, pemberitaan media masa




SILABUS

Nama Sekolah                   : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas                                 : VIII
Mata pelajaran                   : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                            : II ( dua )
Standar Kompetensi         : 5. Memahami kedaulatan rakya dan sistem pemerintahan di Indonesia


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

5.1. Menjelaskan makna kedaulatan rakyat



·     Merumuskan pengertian kedaulatan rakyat

·     Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat


Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia

Menelaah sistem demokrasi menurut UUD 1945



Tes tulis



Tes tulis



Tes
Uraian


Tes
Uraian



Jelaskan pengertian kedaulatan rakyat!


Jelaskan peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat!


8 x 40’



Buku teks, UUD 1945


5.2.Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat

·     Membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer

·     Menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia

Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
Menelaah sistem demokrasi menurut UUD 1945


Tes tulis






Tes tulis


Tes
Uraian





Tes
Uraian


Bandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan sistem pamerintahan parlementer



Tunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial!





8 x 40’


Buku teks, UUD 1945, UUDS 1950, Konstitusi RIS


5.3.Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia

·     Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat



·     Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia

Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap kedaulatan rakyat
Tes tulis





Tes tulis


Tes
Uraian




Tes
Uraian


Setujukah Anda jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu, dengan alasan penghematan keuangan negara! Berikan alasan Anda!

Setujukah Anda jika dikatakan bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak wajib mematuhi kebijakan pemerintah. Berikan
4 x 40’
Buku teks, artikel, pemberitaan media masa















SILABUS

Nama Madrasah                      : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Mata pelajaran                         : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       : IX
Semester                                  : 1 ( satu )
Standar Kompetensi               : 1. Menampilkan Partisipasi  dalam usaha pembelaan negara

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
1.1              Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara









Pembelaan Terhadap Negara
a.Fungsi Negara
b. Unsur-unsur Negara
c. Kewajiban warga negra dalam membela negara
d. Peraturan prundanga-undangan tentang wajib bela negara
e. Contoh tindakan upaya bela negara
f. Partisipasi usaha pembelaan negar adillingkungannya.







1. Mengkaji buku teks, siswa menemukan fungsi negara , unsur-unsur  negara,  peraturan perundang-undangan tentang wajib bela negara.
2.  Mendiskusikan kewajiban membela negara dan contoh-contoh tindakan bela negara.
.












·      Menguraikan unsur-unsur negara



·      Menentukan fungsi negara


·      Menemukan hak – hak dan kewajiban kewajiban warga negara
·      Memberikan contoh tindakan upaya bela negara.
.





Tes tulis




Tes tulis



Tes tulis



Tes tertulis

Uraian




Uraian



Pilihan ganda

Sebutkan 3 unsur-pokok berdirinya sebuah negara

Sebutkan 4 fungsi negara yang mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara

Salah satu kewajiban warga negara Indonesia dalam upaya membela negara adalah :
a.  mengkuti pendidikan bela negara
b. masuk menjadi anggota TNI
c. membela negara ketika negara dalam bahaya
d. mempelajari tata cara mebela negara
4 x 40’












  • Buku Teks
  • UUD 1945
  • UU No. 3 Th. 2002
  • Lingkungan Masyarakat














1.2  Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara











Bentuk-bentuk Usaha Pembelaan Negara













Mengkaji Undang-undang No. 3 Th. 2002 pasal 9 ayat (2)










·      Menyebutkan bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dlam upaya pembelaan negara.



Tes tertulis













Uraian













A.Sebutkan bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dlam upaya pembelaan negara
4 X 40
















Guntingan koran/Kliping















1.3  Menampilkan   peran serta dalam usaha pembelaan negara

Peran serta warga negara dalam usaha pembelaan negara
Mengikuti
Kegiatanpembelaan negara di lingkungan nya .


·      Berpartisipasi langsung dalam kegiatan bela negara di lingkungannya









Tes tulis











Tes
Pilihan Ganda










Sikap Seorang warga negara Indonesia Terhadap pihak – pihak yang akan menghancurkan NKRI hendaknya ....
A. Mendorong
B. Mencegah
C. Membiarkan
D. membantu

Salah satu upaya pem belaan negara diling kungannya adalah ....
A. Membersihkan lingkungan
B. Menjadi anggota panguyuban warga
C. Menjadi anggota tim peduli lingkungan
D. Ikut aktif kegiatan SISKAMLING
8 X 40
Buku teks, berita surat kabar, atikel


SILABUS

Nama Madrasah                      : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Mata pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       : IX
Semester                                  : 1 ( satu )
Standar Kompetensi               : 2. Memahami pelaksanaan Otonomi daerah

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
2.1  Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah










Pengertian otonomi daerah







Mengkaji UU no 22 th 1999 dan uu no 32 th 2005










·         Menjelaskan pengertian otonomi daerah

·      Menjelaskan Prinsip-prinsip dan asas pelaksanaan otonomi daerah





Tes tertulis


Tes
tertulis







Uraian


Pilihan ganda






Jelaskan pengertian otonomi daerah


Penyerahan wewenang dari pemerintah pusat kepada daerah berdasarkan UU yang berlaku di sebut......
 a. otonomi daerah
b. sntralisasi
c. disentralisasi
d. tugas pembantuan

8 x 40










Buku teks, UU No. 32 Thn 2004,










2.2  Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah
Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan otonomi daerah
Mengkaji linformasi dari media masa  tentang peraturan daerah dan kebijakan pemerintah daerah di daerahnya masing-masing
·      Menguraikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah









·      Menganalisis konsekuensi tidak aktifnya masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah
Tes tulis













Tes tulis









Tes
Pilihan ganda











Tes
Pilihan ganda
 
Bentuk partisipa si masyarakat dalam pelaksa naan otonomi daerah dibidang ekonomi adalah ....
A. Melaksanakan tugas sesuai dengan  kewajibannya
B. Membayar  PBB
C. Membantu masyarakat mengaman kan lingkung an
D. Mematuhi aturan yang berlaku di masyarakat
Dibawah ini adalah per nyat an yang menunjuk an konseku ensi akibat keti dak aktifan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebija kan publik kecuali, ....
A.    Kebijakan publik yang di buat tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat
B.    Kebijakan publik hanya menguntung kan kelompok atau golongan tertentu
C.    Kebijakan publik dapat dimanfaatkan oknum – oknum yang tidak bert anggung jawab
D.    Kebijakan publik yang dikeluarkan dapat meng ayomi masyarakat
8 X 40
Media masa








SILABUS

Nama Madrasah                      : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Mata pelajaran                         : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       : IX
Semester                                  : II ( dua )
Standar Kompetensi               : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
3.1.Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia



Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan
1. Pengertian globalisasi
2. Dampak globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Mengkaji informasi dari media cetak  untuk menemukan pengertian globalisasi dan dampaknya dalam berbagai aspek kehidupan
·  Menjelaskan makna globalisasi
·  Menjelaskan pentingnya globalisasi bagi Indonesia

·  Mengguraikan dampak globalisasi terhadap berbagai kehidupan masyarakat

Tes tertulis



Tes tertulis











Uraian




Uraian










Apa yang dimaksud globalisasi ?



Jelaskan pentingnya globalisasi bagi Indonesia!


Sebutkan lima dampak positif dan lima dampak negatif globalisasi!



4x40’

Media cetak dan elektronik

3.2.Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global

a.Politik luar negeri bebas aktif
 b.Hubungan internasional di era global

Melakukan studi pustaka tentang politik luar negri bebas aktif dan hubungan internasional di era global.


·  Menjelaskan hakekat politik luar negeri bebas aktif
·  Menunjukkan Peranan Indonesia dalam percaturan Internasional
Tes tulis




Tes tulis




Tes
Uraian



Tes Uraian



Jelaskan apa yang dimaksud dengan politik luar negeri bebas aktif?


Peranan apa yang bisa dilakukan bangsa Indonesia dalam menghadapi kekacuan di Timor Timur?
8 X 40

Buku teks, media cetak dan elektronik

3.3  Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

·  Mengamati dan mengkaji peranan Indonesia dalam percaturan Internasional dan dampak globalisasi

·  Menilai dampak globali sasi yang positif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan bernegara

·  Menjelaskan dampak globalisasi bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Tes lisan






Tes Lisan

















Tes
Uraian





Tes Uraian
















Indonesia sama sekali tidak ingin terlibat dalam konflik antar negara. Jelaskan alasannya!



Tunjukkan peranan Indonesia dalam memajukan kawasan Asia Tenggara
8 X 40

Media cetak dan elektronik, tokoh 
masyarakat

3.4  Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi
Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan
Mengamati dan mengkaji dampak globalisasi dalam bidang ekonomi, politik, dan budaya











·  Menentukan sikap terhadap dampak positif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernagara




·  Menentukan sikap terhadap dampak negatif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


Tes lisan










Penugasan



Tes tulis



Tes tulis




Penugasan






Tes
Uraian









Tugas rumah


Tes
Lisan


Tes
Lisan



Tugas
rumah





Bacalah surat  
Kabar menyangkut berbagai pengaruh asing. Buatlah komentar atau penilaian pengaruh globalisasi dalam bidang ekonomi!

Jelaskan dampak globali sasi terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan budaya!


Tunjukkan dampak posi tif globalisasi. Kemuka kan sikap Anda terhadap hal tersebut!

Tunjukkan dampak negatif globalisasi. Kemukakan sikap Anda terhadap hal tersebut

Buat karangan singkat degan tema Sikap saya terhadap dampak positif dan negatif globalisasi terhadap kehidupan siswa di Madrasah saya

Buat karangan singkat degan tema Sikap saya terhadap dampak positif dan negatif globalisasi terhadap kehidupan gaya hidup remaja di sekitar tempat tinggal siswa
4 X 40
Guntingan koran/ Kliping


SILABUS

Nama Madrasah                      : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Mata pelajaran                         : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       : IX
Semester                                  : II ( dua )
Standar Kompetensi               : 4. Menampilkan  prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
4.1  Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa

1.Pengertian Prestasi diri
2. Pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri
Mengkaji inormasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan prestasi diri

·       Menjelaskan makna prestasi diri

·       Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri

Tes tulis



Tes tulis







Uraian



Uraian








Jelaskan makna prestasi diri!


Jelaskan pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri!
4 x 40’

Buku Materi Pokok Prestasi Diri

4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan
Potensi Diri
Menginventarisasi potensi diri

·       Mengidentifikasi potensi diri masing-masing

·       Pentingnya menggali potensi diri

Portofolio



Tes`Tulis





Dokumen Prestasi


Uraian




Kumpulkanlah bukti-bukti presatsi yang kamu miliki!

Jelaskan pentingnya menggali potensi diri!

4 X 40

Kehidupan keluarga, Madrasah dan masyarakat.

4.3  Menampil-kan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa
Prestasi bagi keunggulan bangsa dan negara
Berperan aktif dalam kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi bagi keunggulan bangsa dan negara
·       Menunjukkan berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

Penugasan

















Tugas rumah










Tunjukkan aktivitas mu dalam berbagai organisasi baik di Madrasah maupun di lingkungan tempat tinggalmu untuk meningkatkan prestasi!






4 X 40
Perkumpulan penyalur bakat dan minati



                   Mengetahui                                                                                  Bondowoso ,  01 Juli 2011                                        
 Kepala MTs Syarif Hidayatullah Jetis                                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran PKn




Moh Abd Halik, S.Sos.I                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                Moh Abd Halik, S.Sos.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar