SILABUS
Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I ( satu )
Standar Kompetensi : 1.
Menunjukkan sikap positif terhadap
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
|
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||
1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa an,
adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat
|
Norma -norma dalam
masyarakat
|
·
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang
norma-norma , kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam
masyarakat misal:surabaya, dll
·
perbedaan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat
·
Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi
norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dimasyarakat
· Membuat laporan |
· Menjelaskan hakekat norma
· Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan
bermasyarakat
· Menguraikan macam-macam norma
|
Tes tulis
|
Tes
Uraian
|
1. Jelaskan apa yang dimaksud
dengan norma!
2. Jelaskan apa manfaat norma bagi
kehiudupan manusia dalam pergaulan di masyarakat!
3. Uraikan macam-macam norma yang
ada di masyarakat!
|
8 x 40’
|
Buku teks PKn, contoh
norma, Tokoh masyarakat
artikel/berita
di media massa, dan lain-lain
|
1.2.Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi
warga negara
|
Norma
hukum
|
· Mencari informasi dari berbagai sumber tentang :
o
pengertian dan
pembagian hukum
o
perbedaan hukum
publik dan hukum privat
· Mendiskusikan tujuan dan fungsi hukum dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
· Menunjukkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan
sehari-hari
|
· Menjelaskan pengertian hukum
· Menjelaskan pembagian hukum menurut sifat, bentuk
dan isinya
· pentingnya
norma hukum dalam kehidupan bernegara
· Menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara
· Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Tes Tulis
Non tes
|
Daftar pertanyaan
uraian
Tes PG dan
uraian
Penugasan
|
Jelaskan
pengertian hukum
Jelaskan
pembagian hukum menurut :
1.
sifatnya
2.
bentuknya
3.
isinya
Alasan masyarakat
memerlukan norma hukum,adalah….
a.
ingin berbuat yang terbaik bagi
dirinya
b.
belum semua kepentingan terwadahi
dalam norma yang lain
c.
tidak semua orang mentaati norma yang ada
d.
hendak mewujudkan kepastian hukum
Tujuan ditetapkannnya norma hukum adalah untuk mewujudkan ....
a.
keadilan
b.
kepastian hukum
c.
ketertiban dalam masyarakat*
d.
kebahagiaan bagi masyarakat
Buatlah laporan hasil
pengamatan tentang
pelanggaran terhadap tata
tertib Madrasah oleh siswa dalam rentang satu minggu!
|
8 x 40’
|
Buku teks, contoh UU,PP,
atau Perda, artikel/berita di media massa,
dan lain-lain
|
1.3 Menerapkan nor ma-norma, kebi asaan-kebiasa an, adat
istia dat dan peratur an yang berlaku dalam kehidup an bermasyara kat,
berbangsa dan bernegara
|
Norma -norma dalam
masyarakat
|
· Menjelaskan pentingnya penerap an norma , kebiasa an dan adat istiadat
Menganalisis akibat yang akan ditimbulkan bila tidak menerapkan norma ,
kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
|
· Memberikan contoh penerapan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang
berlaku dalam masyarakat
|
Portofo
lio
|
Dokumen pekerjaan siswa
|
laporan
tentang jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat yang terjadi di masyarakat sekitar
tempat tinggalnya.
Aspek-aspek
yang dinilai :
1. Ketepatan mengumpulkan tugas
2. Kerapihan
3. Isi atau materi yang dilaporkan
4. Sumber data jelas
|
4 x 40’
|
Buku teks, contoh norma,
Tokoh agama, tokoh adat,
Ketua RT/RW
Orang tua
|
SILABUS
Madrasah :
MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas :
VII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Semester :
I ( satu )
Standar Kompetensi :
2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2.1
Enjelaskan
makna proklamasi kemerdekaan
|
Hubungan Proklamasi
kemerdekaan dengan UUD 1945
|
Menelaah
dan mendiskusikan isi tulisan tentang sejarah penjajahan bangsa asing di
Indonesia
|
·
Menguraikan
perjuangan bangsa Indo nesia dalam mencapai kemerdekaan
·
Menjelaskan
arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
·
Menunjukkan
pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes Tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
|
Sebutkan
perlawanan-perlawanan yang dilakukan
setelah tahun 1908 dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia!
Jelaskan
pentingnya kemerdekaan bagi martabat dan kesejahteraan dan suatu bangsa!
Mengapa
jiwa atau semangat proklamasi tetap diperlukan sepanjang hayat?
Tunjukkan
contoh semangat proklamasi dalam kehidupan dewasa ini!
|
4 x 40’
|
Buku teks, artikel dll
|
||||||||||||||||||||||||||||
2.2
Mendeskripsikan
suasana kebatinan konstitusi pertama
2.3.Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945
|
Hubungan Proklamasi
kemerdekaan dengan UUD 1945
|
Membaca , mendiskusikan dan
mensimulasikan suasana sidang PPKI
tanggal 18-8-1945
|
·
Menjelaskan
suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945
·
Menguraikan
hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945
· Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
· Menjelaskan hubungan antara proklamasi dengan UUD
1945
|
Penugasan
Tes tulis
Tes tuli
|
Tugas individu
Tes Uraian
Tes Uraian
|
Gambarkan suasana sidang
PPKI tanggal 18 Agustus 1945?
Uraikan hasil-hasil sidang
PPKI tanggal 18-8-1945!
1.
Jelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
2.
Jelaskan hubungan antara proklamasi
dengan UUD 1945
|
6 x 40’
2 X 40
|
Buku Paket, Buku Pengayaan,
UUD 1945 pasca perubahan
Teks Proklamasi
|
||||||||||||||||||||||||||||
2.4.Menunjukkan si kap positif terha dap makna prok
lamasi kemerde kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama
|
Hubungan Proklamasi
kemerdekaan dengan UUD 1945
|
Mencari informasi dari
berbagai sumber, menelaah, mendiskusikan
tentang makna proklamasi bagi kehidupan bangsa
|
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD
pertama
|
Kuesio
ner
|
Daftar
ceklist
|
Petunjuk!
Berilah
tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
Ya= sependapat
dengan pernyataan ( skor 1, jika
pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0,
jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)
|
4 x 40’
|
Buku Paket, Buku Pengayaan,
UUD 1945 pasca perubahan
Dokumentasi berupa
poto-poto sidang PPKI
|
SILABUS
Madrasah :
MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas :
VII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Semester :
II ( dua )
Standar Kompetensi :
3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi
Manusia (HAM)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1
Menguraikan
hakikat, hukum dan kelembagaan HAM
|
Perlindungan dan Penegakkan
HAM
|
Membaca
dan mendiskusi kan materi tentang tugas, peran lembaga-lembaga perlindungan
HAM, seperti : Komnas Hak Asasi Manu sia;Yayasan Lembaga Ban tuan Hukum
Indonesia; Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekeras an ( Kontras )
dan Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat
|
· Menjelaskan pengertian HAM
· Menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di Indonesia
· Menyebutkan lembaga-lembaga perlindungan HAM
· Menjelaskan latar belakang lahirnya
perundang-undangan HAM nasional
|
Tes Lisan
Tes tulis
Tes Lisan
Tes tulis
|
Daftar pertanyaan
Tes
Pilihan Ganda
Daftar pertanyaan
Tes
Pilihan Ganda
|
Jelaskan pengertian HAM!
Berikut ini merupakan dasar hukum HAK ASASI MANUSIA di Indonesia ....
a. UU No.20 Tahun 2003
b. UU No. 8 Tahun 1998
c. UU No. 32 Tahun 2004
d. UU No. 39 Tahun 1999
Sebutkan 3
lembaga perlindungan HAM
di
Indonesia
Lahirnya
perundang-undangan HAK ASASI MANUSIA nasional terutama di latar belakangi
hal-hal berikut ini, kecuali:
a.
komitmen untuk
melaksanakan UDHR
b.
desakan
masyarakat untuk mengembangkan kehidupan yang lebih demokratis
c.
melaksanakan
amanat Tap MPR No.XVII/MPR/1998 tentang HAK ASASI MANUSIA
d.
supaya paHak
Asasi Manusia perorangan (individualisme) tergeser paham kekeluargaan
(kolektivisme)
|
4 X 40
|
Buku Paket, Buku Pengayaan,
UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2 Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya
penegakkan HAM
|
Perlindungan dan Penegakkan
HAM
|
Mengamati
, mencermati dan membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggaran HAM di
lingku ngan keluarga, Madrasah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
|
· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di
lingkungan keluarga, Madrasah, dan masyarakat
· Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM
|
Tes lisan
Penuga
san
Penuga
san
|
Daftar
Pertanyaan
Tugas rumah
Tugas
Proyek
|
· Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di
rumah, Madrasah dan lingkungan tempat tinggal kalian!
Tugas
:
Buat
klipping dari guntingan surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM
Tugas
:
Mengunjungi atau mewawancarai anggota kepolisian setempat
tentang upaya yang dilakukannya dalam rangka penanganan pelanggran HAM di
wilayahnya
|
4 x 40’
|
Buku Paket, Buku Pengayaan,
UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM,
Media massa
Aparat kepolisian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3 Menghargai upa ya perlindungan HAM
|
Perlindungan dan Penegakkan
HAM
|
Membaca,
mendiskusikan dan membuat laporan tentang pasal-pasal UUD 1945 hasil
perubahan yang memuat kandungan Hak Asasi Manusia
|
· Menguraikan peranan lembaga perlindungan HAM
· Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil
perubahan yang berkaitan dengan HAM
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Pilihan Ganda
|
Uraikan
secara jelas dan tepat peranan lembaga perlindungan HAM di bawah ini!
1. Komnas Hak Asasi Manusia
2. Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia
3. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekersan
4. Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat
Setiap
orang berhak atas status kewarganegaraan. Pernyataan ini merupakan rumusan
jaminan hak asasi manusuai yang terdapat dalam pasal 28, khususnya ayat....
a.(1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
|
8 x 40’
|
Buku Paket, Buku Pengayaan,
UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM,
Komnas HAM
YLBHI
Kontras
LSAM
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4 Menghargai upa ya penegakkan HAM
|
Perlindungan dan Penegakkan
HAM
|
Mengamati
, mencermati dan membuat laporan tentang upaya-upaya penegakkan HAM di
lingkungan keluarga, Madrasah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
|
· Menunjukkan sikap positif terhadap upaya penegakkan
HAM di wilayahnya
· Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan
dan perlindungan HAM di wilayahnya
|
Kuesio
ner
Unjuk Kerja
|
Skala sikap
Tes Simulasi
|
Petunjuk!
Berilah
tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5
kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan
positif dan 1 kalau negatif )
N
= Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2
kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif )
STS
= Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1
kalau negatif )
Simulasikan sikap dan perilaku positif yang menggambarkan upaya penegakan dan perlindungan
HAM di lingkungan keluarga
|
4 x 40’
|
Buku Paket, Buku Pengayaan,
UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM,
Media massa
Anggota kepolisian
Tokoh masyarakat
|
SILABUS
Madrasah :
MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso3
Kelas :
VII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Semester :
II ( dua )
Standar Kompetensi :
4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan
pendapat
|
Kemerdekaan mengemukakan
pendapat
|
Mengamati
, mencermati dan membuat laporan ten tang pelaksanaan kemerdekaan
mengemukakan pen dapat di lingkungan keluarga, Madrasah dan masyarakat
sekitar tempat tinggal
|
· Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan
pendapat
· Mengkaji akibat pembatasan kemerdekaan mengemukakan
pendapat
· Mendeskripsikan konsekuensi kebe basan mengemu kakan
pendapat tanpa batas
|
Tes tulis
Tes lisan
Tes
lisan
|
Tes Pilihan Ganda
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
|
Kemerdekaan menyampaikan
pendapat di muka umum adalah hak setiap...
a.
WNI
b.
WNA
c.
Penduduk
d.
Manusia
Wujud pelaksanaan
kemerdekaan menyampaikan pendapat secara lisan di muka umum ....
a.
demonstrasi
b.
pawai
c.
rapat umum
d.
mimbar bebas
Apa
akibatnya bila ada pembatasan kebebasan
mengemukakan pendapat ?
Apa
akibatnya kalau dalam mengemu kakan
pendapat tanpa batas?
|
8 x 40’
|
Buku Paket, Buku Pengayaan,
UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.2
Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas
dan bertanggung jawab
|
Kemerdekaan mengemukakan
pendapat
|
Diskusi
dalam rangka mempraktekkan kemerdekaan
mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab de ngan tema “
Larangan merokok di kalangan pelajar SMP”. Siswa diminta melaporkan tentang
kesan dan pesan pelaksanaan diskusi tersebut .
|
·
Menjelaskan
dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat
· Menjelaskan hake kat kemerdekaan mengemukakan
pendapat secara bebas dan bertang gung jawab
· Menjelaskan
tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Pilihan Ganda
Tes
Pilihan Ganda
Tes
Pilihan Ganda
|
UUD 1945 memberikan jaminan
ter hadap kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertuang dalam
pasal....
a.
27
b.
28
c.
29
d.
30
Berikut ini adalah
kewajiban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi dalam menyampaikan pendapat
di muka umum, kecuali ....
a.
menjaga
keutuhan, persatuan dan kesatuan
bangsa
b.
menjaga
keamanan dan ketertiban
c.
menjaga kepen
tingan kelom pok/etnis tertentu
d.
menghormati hak
dan kebebasan orang lain
Sebelum melakukan
demonstrasi penanggung jawab terlebih
dahulu harus....
a.
mendata jumlah
anggotanya yang akan berdemo
b.
mengadakan
mobilisasi anggota yang akan berdemo
c.
mengajak
organisasi lain untuk berdemo
d.
memberitahukan
kepada aparat berwenang selambat-lambatnya 3X24 jam
|
4 x 40’
|
Buku Paket, Buku Pengayaan,
UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.3Mengakuatlisasikan kemerdekaan mengemuka kan
pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
|
Kemerdekaan mengemukakan
pendapat
|
Mengamati , mencermati dan
membuat laporan pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingku ngan
keluarga, Madrasah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
|
· Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak
mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
|
Kuesi
oner
|
Skala sikap
|
Petunjuk!
Berilah
tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5
kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan
positif dan 1 kalau negatif )
N
= Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2
kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif )
STS
= Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1
kalau negatif )
|
4 x 40’
|
Buku Paket, Buku Pengayaan,
UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
|
SILABUS
Sekolah :
MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas : VIII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Semester :
I ( satu )
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
1.1.Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
|
·
Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara
·
Menguraikan
proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
·
Menjelaskan
pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh
|
Pancasila sebagai dasar dan
ideologi negara
|
Membaca dan mendiskusikan
isi tulisan tentang Pancasila sebagai
dasar da ideologi negara RI
|
Tes Tulis
Penugasan
Tes tulis
|
Tes
Pilihan ganda
Tugas rumah
Tes Uraian
|
Dengan berideologi, maka
suatu bangsa akan ....
A. menjadi bangsa yang kuat
B. memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan*
C. mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain
D. mampu mempertahan- kan kelangsungan hidup bangsanya
Bacalah buku atau artikel
tentang proses perumusan Pancasla sebagai dasar negara dalam sidang BPUPKI
tgl. 29 Mei-1 Juni 1945. Buatlah
ringkasan isi tulisan tersebut sepanjang kira-kira satu halaman dan kumpulkan
hasilnya!
Sila-sila dalam Pancasila
merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Jelaskan maksudnya dan berikan
contoh tentang sila Persatuan Indonesia!
|
4x40’
|
Buku teks,
buku atau tulisan tentang
Pancasila
,
|
1.2. Menguraikan
nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan ideologi negara
|
·
Menemukan nilai
-nilai Pancasila dalam buku Negara Kertagama
·
Menunjukkan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia
·
Menguraikan
nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila
|
Pancasila sebagai dasar dan
ideologi negara
|
Membaca dan mengamati
nilai-nilai Pancasila
|
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tugas proyek
Tes
Pilihan ganda
|
Istilah Pancasila sudah
ditemukan dalam buku Negara Kertagama karangan Mpu Prapanca. Uraikan isi
Pancsila tersebut!
Bagilah
kelas Anda menjadi lima kelompok. Tugas setiap kelompok adalah mengidentifikasi dan menunjukkan
berbagai adat istiadat, budaya, atau kebiasaan hidup sehari-hari dalam
lingkungan Anda yang mencermin kan perwujudan salah satu sila dari Pancasila.
Setiap kelompok mengidentifikasi sila yang berbeda. Laporkan hasil kerja
kelompok Anda!
Nilai-nilai yang terkandung
dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara lain adalah ....
A. menghargai perbedaan pendapat
B. menghragai hasil karya orang lain
C. memiliki semangat gotong-royong
D. menjunjung tinggi prinsip persamaan derajat*
|
4 x 40’
|
Buku teks,
buku atau tulisan tentang
nilai-nilai Pancasila
|
1.3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
·
Menjelaskan
pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
|
Pancasila sebagai dasar dan
ideologi negara
|
Mengamati dan menunjukkan
perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Pemberontakan
G 30 S/PKI merupakan penghianatan terhadap Pancasila. Jelaskan akibat-akibat
yang ditimbulkannya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara!
Pancasila merupakan dasar negara yang dapat
mempersatukan bangsa. Tunjukkan bukti-bukti yang mendukung pernyataan
tersebut!
Pancasila merupakan dasar negara yang seharusnya
melandasi semua peraturan perundang-undangan. Tunjukkan hal-hal yang positif
jika pernyataan tersebut benar-benar dilaksanakan!
|
2 x 40’
|
Buku teks, UUD 1945
|
1.4. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila
dalam kehidupan bermasyarakat
|
·
Menampilkan
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik
·
Menampilkan
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi
·
Menampilkan
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial
|
Pancasila sebagai dasar dan
ideologi negara
|
Mengamati dan menampilkan
perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
Penugasan
Tes tulis
Penugasan
|
Tugas proyek
Tes
Uraian
Tugas
rumah
|
Pendukung
calon Kepala Daerah yang mau menerima kekalahan dengan sportif dapat
dipandang sebagai sikap positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya!
Diskusikan dalam kelompok dan laporkan hasilnya!
Tunjukkan sikap positif seorang pedagang terhadap Pancasila, ketika
barang-barang kebutuhan pokok sedang langka di pasaran!
Di kota-kota besar sering kita temui suatu kampung
yang penduduknya berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka hidup dengan
rukun dan damai. Hal yang demikian mencerminkan sikap positif positif
terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya!
|
2 x 40’
|
Buku teks, buku atau
tulisan tentang nilai-nilai Pancasila
|
SILABUS
Sekolah :
MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Kelas :
VIII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Semester :
I ( satu )
Standar Kompetensi :
2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
2.1.Menjelaskan ber-bagai konstitusi yang pernah
berlaku di Indonesia
|
·
Menjelaskan
sistem ketatanega raan menurut UUD 1945
·
Menjelaskan
sistem ketatanega raan menurut Konstitusi RIS
·
Menjelaskan
sistem ketatanega raan menurut UUDS 1950
|
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
|
Menelaah isi buku tentang
perkembangan konstitusi dan UUD 1945.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Jelaskan pengertian negara
Indonesia sebagai negara kesatuan yang berbentuk republik!
Dalam sistem Konstitusi RIS
terdapat negara di dalam negara. Jelaskan maksudnya!
Dalam sistem UUDS 1950,
Indonesia menerapkan bentuk republik parlementer. Jelaskan maksudnya!
|
2x 40’
|
Buku teks, UUD 1945,
Konstitusi RIS, UUDS 1950
|
2.2.Menganalisis penyimpanga-penyimpangan terhadap
konstitusi yang berlaku di Indonesia
|
·
Menunjukkan
penyimpangan terhadap UUD 1945 pada peri-ode 1945-1949
·
Menunjukkan
penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga
munculnya gerakan reformasi
·
Menunjukkan
akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD
|
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
|
Mengkaji penyimpangan-penyimpangan
terhadap konstitusi atau UUD
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Pilihan ganda
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Bukti penyimpangan terhadap
UUD 1945 pada periode 1945-1949 adalah ....
A. pemberlakuan UUDS
B. berlakunya sistem parlementer*
C. pembubaran Konstituante
D. penangkatan Presiden seumur hidup
Tunjukkan
contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Lama, 1949-1965!
Pada
masa Orde Lama, seluruh anggota DPRS diangkat oleh Presiden. Demikian pula
pada masa Orde Baru, sebagian anggota DPR dipilih oleh Presiden. Jelaskan
akibatnya!
|
2 x 40’
|
Buku teks, buku tentang
perkembangan ketatanega-raan republik Indonnesia
|
2.3.Menunjukkan
hasil-hasil amandemen UUD 1945
|
·
Menunjukkan
adanya peluang untuk melakukan perubahan atau amandemen UUD 1945
·
Menjelaskan
proses amandemen atau perubahan UUD 1945
·
Menunjukkan
pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
|
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
|
Mengkaji amandemen atau
perubahan UUD 1945
|
Tes Tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tugas rumah
|
Pada
masa Orde Baru berkembang kemauan politik yang bermaksud mampertahankan UUD
1945. Jelaskan makna yang terkandung dalam pasal 37 UUD 1945!
Jelaskan
prosedur pengajuan usul perubahan UUD 1945!
Buatlah
identifikasi pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945, yang
dilakukan dalam Sidang Umum MPR 1999, 2000, 2001, dan 2002.
|
2 x 40’
|
UUD 1945 hasil amandemen,
artikel tentang amandemen UUD 1945
|
2.4 Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945
hasil amandemen
|
·
Menjelaskan
pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945
·
Menjelaskan
pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan
demokrasi
·
Menjelaskan
pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap hak-hak asasi manusia
|
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
|
Mengamati respon terhadap
amandemen UUD 1945
|
Tes tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Jelaskan
pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945 dalam menghadapi berbagi
perubahan!
Jelaskan
pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan
demokrasi!
Jelaskan
pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap perlindungan terhadap HAM!
|
2 x 40’
|
UUD 1945 hasil amandemen,
artikel tentang amandemen UUD 1945
|
SILABUS
Nama Sekolah : MTs Syarif Hidayatullah Jetis
Bondowoso
Kelas : VIII
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : 1 ( satu )
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap
perundang-undangan nasional
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
3.1
Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
|
· Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem
peraturan perundang-undangan
· Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan
· Menguraikan bentuk dan tata urutan peraturan
perundang-undangan nasional
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional
|
Membaca isi Undang-Undang
No. 10/Tahun 2004
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Urian
Tes
Pilihan ganda
|
Kedudukan
UUD 1945 merupakan sumber hukum bagi semua peraturan perundang-undangan.
Jelaskan maksudnya!
Jelaskan
fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!
Bentuk
peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah
Undang-Undang adalah ....
A. Ketetapan MPR
B. Peraturan Pemerintah*
C. Peraturan Presiden
D. Keputusan Presiden
|
2x40’
|
Buku teks, Buku
UU No.10/ 2004 tentang
Pembentukan peraturan Perundang-undangan,
|
3.2. Mendeskripsikan proses
pembuatan peraturan perundang-undangan nasional
|
· Mendeskripsikan proses pembuatan
undang-undang
· Mendeskrpsikan proses pembuatan peraturan
daerah
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional
|
Mengkaji proses pembuatan
peraturan perundang-undangan
|
Penugasan
Penugasan
|
Tugas rumah
Tugas rumah
|
Jelaskan
prosses pembuatan undang-undang, mulai dari pengajuan RUU hingga
pengesahannya!
Jelaskan
prosses pembuatan peraturan daerah, mulai dari pengajuan rancanaagan
peraturan daerah hingga pengesahannya!.
|
4 x 40’
|
Buku teks, artikel, berita
surat kabar
|
3.3.Menaati peratur-an perundang-undangan nasional
|
· Menjelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum
dan peraturan perundang-undangan
· Menunjukkan ketaatan terhadap peraturan
perundang-undangan
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional
|
Mengamati dan mendiskusikan
sikap terhadap peraturan perundang-undangan
|
Tes tulis
Penugasan
|
Tes
Uraian
Tugas rumah
|
Jelaskan
hubungan antara isi pasal 27 ayat (1) dengan keberadaan peraturan
perundang-undangan!
Buatlah
identifikasi tentang sikap atau perbuatan yang menunjukkan ketaatan terhadap
peraturan perundang-undangan! Kemukakan secara tertulissekurang-kurangnya
sepuluh contoh sikap atau perbuatan!
|
4 x 40’
|
Buku teks, artikel, berita
surat kabar
|
3.4. Mengidentifi kasi kasus korupsi dan upaya
pemberantasan korupsi di Indonesia
|
· Menunjukkan upaya pemberan-tasan korupsi di
Indonesia
· Mengidentifikasi kasus korupsi di daerah
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional
|
Mengamati pemberitaan media
masa tentang kasus korupsi dan pemberantasan korupsi
|
Tes tulis
Penugasan
|
Tes
Uraian
Tugas rumah
|
Jelaskan
pengaruh Undang– Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana
Korupsi terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia!
Buatlah
identifikasi kasus korupsi di
daerah Anda yang sedang disidangkan atau telah divonis oleh
pengadilan!
|
2 x 40’
|
Buku teks, berita media
masa
|
3.5. Mengidenifi kasi pengertian anti korupsi
dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia
|
· Merumuskan pengertian korupsi
· Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi
· Menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional
|
Mengkaji UU No. 29 Thn 1999
tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN
UU No. 31 Tahun 1999
tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Buatlah
pengertian korupsi menurut pengertian Anda!
Sebutkan
landasan hukum pemberan tasan korupsi di Indonesia!
Sebutkan
lembaga-lembaga pemberan tasan korupsi di Indonesia!
|
4 x 40’
|
UU No. 29 Thn 1999
UU No. 31 Thn 1999
|
SILABUS
Nama Sekolah : MTs Syarif Hidayatullah
Jetis Bondowoso
Kelas : VIII
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi :
4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
4.1 Menjelaskan hakikat
demokrasi
|
· Menjelaskan
pengertian
demokrasi
·
Menguraikan
sejarah perkembangan demokrasi
·
Menguraikan
macam-macam demokrasi
|
Demokrasi dalam berbagai
aspek kehidupan
|
Menelaah buku atau artikel
tentang demokrasi dan perkembangannya
|
Tes
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Pilihan ganda
Tes
Pilihan ganda
|
Jelaskan pengertian
demokrasi secara etimologis maupun terminologis!
Pelaksanaan demokrasi
langsung seperti di Yunani kuno dapat
terlaksana karena....
A. jumlah penduduk
nya sedikit*
B.
permasalahannya sederhana
C.
kehidupan politik-nya stabil
D. Masyarakatnya homogen
Demokrasi yang diterapkan
di negara-negara barat, seperti Amerika serikat, adalah demokrasi ....
A. rakyat
B. liberal*
C. totaliter
D. terpimpin
|
4 x 40’
|
Buku teks, artikel dll
|
4.2 Menjelaskan pentingnya
kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
·
Menjelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi
·
Menunjukkan
praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan politik
·
Menunjukkan
praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi
|
Demokrasi dalam ber bagai
aspek kehidupan
|
Menelaah buku atau artikel
tentang kehidupan demokrasi
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Jelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi dalam menata kehidupan bersama!
Tunjukkan
cara-cara pemilihan Presiden secara demokratis!
Tunjukkan
bahwa koperasi merupakan praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi!
|
4 x 40’
|
Buku teks, artikel dll
|
4.3 Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan
demokrasi dalam berbagai kehidupan
|
·
Menunjukkan
kebaikan budaya demokrasi
·
Menampilkan
sikap demokratis dalam kehidupan masyarakat
|
Demokrasi dalam berbagai
aspek kehidupan
|
Mengamati dan mendiskusikan
sikap terhadap demokratisasi
|
Penugasan
Tes tulis
|
Tugas rumah
Tes
Uraian
|
Tunjukkan
kebaikan budaya demokrasi dibanding budaya otoriter!
Jika
suatu ketika Anda diminta memimpin pertemuan remaja, apa yang akan Anda
lakukan terhadap berbagai usul dan berbagai perbedaan pendapat!
|
8 x 40’
|
Buku teks, artikel,
pemberitaan media masa
|
SILABUS
Nama Sekolah : MTs Syarif Hidayatullah
Jetis Bondowoso
Kelas : VIII
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi :
5. Memahami kedaulatan rakya dan sistem pemerintahan di Indonesia
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
5.1. Menjelaskan makna kedaulatan rakyat
|
· Merumuskan pengertian kedaulatan rakyat
· Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan
rakyat
|
Kedaulatan Rakyat dan
Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
|
Menelaah sistem demokrasi
menurut UUD 1945
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Jelaskan
pengertian kedaulatan rakyat!
Jelaskan
peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat!
|
8 x 40’
|
Buku teks, UUD 1945
|
5.2.Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan
peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat
|
· Membandingkan sistem pemerintahan presidensial
dengan parlementer
· Menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia
|
Kedaulatan Rakyat dan
Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
|
Menelaah sistem demokrasi
menurut UUD 1945
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Bandingkan
sistem pemerintahan presidensial dengan sistem pamerintahan parlementer
Tunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang
menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial!
|
8 x 40’
|
Buku teks, UUD 1945, UUDS
1950, Konstitusi RIS
|
5.3.Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat
dan sistem pemerintahan Indonesia
|
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap kedaulatan rakyat
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia
|
Kedaulatan Rakyat dan
Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
|
Mengamati dan mendiskusikan
sikap terhadap kedaulatan rakyat
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Setujukah Anda jika DPR diangkat tanpa melalui
pemilu, dengan alasan penghematan keuangan negara! Berikan alasan Anda!
Setujukah
Anda jika dikatakan bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak
wajib mematuhi kebijakan pemerintah. Berikan
|
4 x 40’
|
Buku teks, artikel,
pemberitaan media masa
|
SILABUS
Nama Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah
Jetis Bondowoso
Mata pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : IX
Semester : 1 ( satu )
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan Partisipasi dalam usaha pembelaan negara
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
1.1
Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara
|
Pembelaan Terhadap Negara
a.Fungsi
Negara
b.
Unsur-unsur Negara
c. Kewajiban
warga negra dalam membela negara
d. Peraturan
prundanga-undangan tentang wajib bela negara
e. Contoh
tindakan upaya bela negara
f.
Partisipasi usaha pembelaan negar adillingkungannya.
|
1. Mengkaji
buku teks, siswa menemukan fungsi negara , unsur-unsur negara,
peraturan perundang-undangan tentang wajib bela negara.
2. Mendiskusikan kewajiban membela negara dan
contoh-contoh tindakan bela negara.
.
|
·
Menguraikan unsur-unsur negara
·
Menentukan fungsi negara
·
Menemukan hak – hak dan kewajiban kewajiban
warga negara
·
Memberikan contoh tindakan upaya bela negara.
.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Pilihan ganda
|
Sebutkan 3 unsur-pokok berdirinya sebuah negara
Sebutkan 4 fungsi negara yang mutlak harus dimiliki oleh
sebuah negara
Salah satu kewajiban warga negara Indonesia dalam upaya
membela negara adalah :
a. mengkuti pendidikan bela negara
b. masuk
menjadi anggota TNI
c.
membela negara ketika negara dalam bahaya
d.
mempelajari tata cara mebela negara
|
4 x 40’
|
|
1.2 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk usaha pembelaan negara
|
Bentuk-bentuk Usaha Pembelaan Negara
|
Mengkaji Undang-undang No. 3 Th. 2002 pasal 9 ayat (2)
|
·
Menyebutkan bentuk-bentuk keikut sertaan warga
negara dlam upaya pembelaan negara.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
A.Sebutkan
bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dlam upaya pembelaan negara
|
4 X 40
|
Guntingan koran/Kliping
|
1.3
Menampilkan peran serta dalam
usaha pembelaan negara
|
Peran serta warga negara
dalam usaha pembelaan negara
|
Mengikuti
Kegiatanpembelaan negara di lingkungan nya .
|
· Berpartisipasi langsung dalam kegiatan bela negara
di lingkungannya
|
Tes tulis
|
Tes
Pilihan Ganda
|
Sikap Seorang warga negara
Indonesia Terhadap pihak – pihak yang akan menghancurkan NKRI hendaknya ....
A. Mendorong
B. Mencegah
C. Membiarkan
D. membantu
Salah satu upaya pem belaan
negara diling kungannya adalah ....
A. Membersihkan lingkungan
B. Menjadi anggota panguyuban warga
C. Menjadi anggota tim peduli lingkungan
D. Ikut aktif kegiatan SISKAMLING
|
8 X 40
|
Buku teks, berita surat
kabar, atikel
|
SILABUS
Nama Madrasah :
MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Mata pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas :
IX
Semester :
1 ( satu )
Standar Kompetensi :
2. Memahami pelaksanaan Otonomi daerah
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
2.1 Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah
|
Pengertian otonomi daerah
|
Mengkaji UU no 22 th 1999
dan uu no 32 th 2005
|
·
Menjelaskan
pengertian otonomi daerah
· Menjelaskan Prinsip-prinsip dan asas pelaksanaan
otonomi daerah
|
Tes tertulis
Tes
tertulis
|
Uraian
Pilihan ganda
|
Jelaskan pengertian otonomi
daerah
Penyerahan wewenang dari
pemerintah pusat kepada daerah berdasarkan UU yang berlaku di sebut......
a. otonomi daerah
b. sntralisasi
c. disentralisasi
d. tugas pembantuan
|
8 x 40
|
Buku teks, UU No. 32 Thn
2004,
|
2.2 Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam
perumusan kebijakan publik di daerah
|
Partisipasi masyarakat
dalam pelaksanaan otonomi daerah
|
Mengkaji linformasi dari
media masa tentang peraturan daerah
dan kebijakan pemerintah daerah di daerahnya masing-masing
|
· Menguraikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam
perumusan kebijakan publik di daerah
· Menganalisis konsekuensi tidak aktifnya masyarakat
dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Pilihan ganda
Tes
Pilihan ganda
|
Bentuk partisipa si
masyarakat dalam pelaksa naan otonomi daerah dibidang ekonomi adalah ....
A. Melaksanakan tugas sesuai dengan kewajibannya
B. Membayar PBB
C. Membantu masyarakat mengaman kan lingkung an
D. Mematuhi aturan yang berlaku di masyarakat
Dibawah ini adalah per nyat
an yang menunjuk an konseku ensi akibat keti dak aktifan masyarakat dalam
perumusan dan pelaksanaan kebija kan publik kecuali, ....
A.
Kebijakan
publik yang di buat tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat
B.
Kebijakan
publik hanya menguntung kan kelompok atau golongan tertentu
C.
Kebijakan
publik dapat dimanfaatkan oknum – oknum yang tidak bert anggung jawab
D.
Kebijakan
publik yang dikeluarkan dapat meng ayomi masyarakat
|
8 X 40
|
Media masa
|
SILABUS
Nama Madrasah :
MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas :
IX
Semester :
II ( dua )
Standar Kompetensi :
3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
3.1.Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi
bagi Indonesia
|
Globalisasi dalam berbagai
aspek kehidupan
1. Pengertian globalisasi
2. Dampak globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan
dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
|
Mengkaji informasi dari
media cetak untuk menemukan pengertian
globalisasi dan dampaknya dalam berbagai aspek kehidupan
|
· Menjelaskan makna globalisasi
· Menjelaskan pentingnya globalisasi bagi Indonesia
· Mengguraikan dampak globalisasi terhadap berbagai
kehidupan masyarakat
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Apa yang dimaksud
globalisasi ?
Jelaskan pentingnya
globalisasi bagi Indonesia!
Sebutkan lima dampak
positif dan lima dampak negatif globalisasi!
|
4x40’
|
Media cetak dan elektronik
|
3.2.Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan
internasional di era global
|
a.Politik luar negeri bebas aktif
b.Hubungan
internasional di era global
|
Melakukan studi pustaka
tentang politik luar negri bebas aktif dan hubungan internasional di era
global.
|
· Menjelaskan hakekat politik luar negeri bebas aktif
· Menunjukkan Peranan Indonesia dalam percaturan
Internasional
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes Uraian
|
Jelaskan apa yang dimaksud
dengan politik luar negeri bebas aktif?
Peranan apa yang bisa
dilakukan bangsa Indonesia dalam menghadapi kekacuan di Timor Timur?
|
8 X 40
|
Buku teks, media cetak dan
elektronik
|
3.3 Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Dampak globalisasi terhadap
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
· Mengamati dan mengkaji peranan Indonesia dalam
percaturan Internasional dan dampak globalisasi
|
· Menilai dampak globali sasi yang positif bagi
kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan bernegara
· Menjelaskan dampak globalisasi bagi kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Tes lisan
Tes Lisan
|
Tes
Uraian
Tes Uraian
|
Indonesia sama sekali tidak
ingin terlibat dalam konflik antar negara. Jelaskan alasannya!
Tunjukkan peranan Indonesia
dalam memajukan kawasan Asia Tenggara
|
8 X 40
|
Media cetak dan elektronik,
tokoh
masyarakat
|
3.4 Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi
|
Globalisasi dalam berbagai
aspek kehidupan
|
Mengamati dan mengkaji
dampak globalisasi dalam bidang ekonomi, politik, dan budaya
|
· Menentukan sikap terhadap dampak positif globalisasi
dalam kehidupan berbangsa dan bernagara
· Menentukan sikap terhadap dampak negatif globalisasi
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Tes lisan
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Tes
Uraian
Tugas rumah
Tes
Lisan
Tes
Lisan
Tugas
rumah
|
Bacalah surat
Kabar menyangkut berbagai
pengaruh asing. Buatlah komentar atau penilaian pengaruh globalisasi dalam
bidang ekonomi!
Jelaskan dampak globali
sasi terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan budaya!
Tunjukkan dampak posi tif
globalisasi. Kemuka kan sikap Anda terhadap hal tersebut!
Tunjukkan dampak negatif
globalisasi. Kemukakan sikap Anda terhadap hal tersebut
Buat
karangan singkat degan tema Sikap saya terhadap dampak positif dan negatif
globalisasi terhadap kehidupan siswa di Madrasah saya
Buat
karangan singkat degan tema Sikap saya terhadap dampak positif dan negatif
globalisasi terhadap kehidupan gaya hidup remaja di sekitar tempat tinggal
siswa
|
4 X 40
|
Guntingan koran/ Kliping
|
SILABUS
Nama Madrasah :
MTs Syarif Hidayatullah Jetis Bondowoso
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas :
IX
Semester :
II ( dua )
Standar Kompetensi :
4. Menampilkan prestasi diri sesuai
kemampuan demi keunggulan bangsa
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
4.1 Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan
bangsa
|
1.Pengertian Prestasi diri
2. Pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri
|
Mengkaji inormasi dari
berbagai sumber yang berkaitan dengan prestasi diri
|
· Menjelaskan makna prestasi diri
· Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi diri
sendiri
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
Jelaskan makna prestasi
diri!
Jelaskan pentingnya
prestasi diri bagi diri sendiri!
|
4 x 40’
|
Buku Materi Pokok Prestasi
Diri
|
4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai
kemampuan
|
Potensi Diri
|
Menginventarisasi potensi
diri
|
·
Mengidentifikasi
potensi diri masing-masing
·
Pentingnya
menggali potensi diri
|
Portofolio
Tes`Tulis
|
Dokumen Prestasi
Uraian
|
Kumpulkanlah bukti-bukti
presatsi yang kamu miliki!
Jelaskan pentingnya
menggali potensi diri!
|
4 X 40
|
Kehidupan keluarga,
Madrasah dan masyarakat.
|
4.3
Menampil-kan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan
prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa
|
Prestasi bagi keunggulan
bangsa dan negara
|
Berperan aktif dalam
kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi bagi keunggulan bangsa dan negara
|
·
Menunjukkan
berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
|
Penugasan
|
Tugas rumah
|
Tunjukkan aktivitas mu
dalam berbagai organisasi baik di Madrasah maupun di lingkungan tempat
tinggalmu untuk meningkatkan prestasi!
|
4 X 40
|
Perkumpulan penyalur bakat
dan minati
|
Mengetahui Bondowoso , 01 Juli 2011
Kepala MTs Syarif Hidayatullah Jetis Guru Mata
Pelajaran PKn
Moh
Abd Halik, S.Sos.I Moh Abd Halik, S.Sos.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar