RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Madrasah : MTs Syarif
Hidayatullah Jetis
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII / satu
Standar
Kompetensi : 1. Menunjukkan
sikap positif terhadap norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mendeskripsikan
hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam
masyarakat
Indikator :
·
Menjelaskan hakekat norma
·
Menjelaskan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
·
Menguraikan macam-macam norma
Alokasi
Waktu : 8 x 40 menit ( 4 X pertemuan )
1.
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian norma
·
Menjelaskan tujuan norma
·
Menjelaskan fungsi norma
·
Menguraikan macam-macam norma
·
Menganalisis
hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam
masyarakat
·
Menganalisis perbedaan norma
kesusilaan, kemasyarakatan, agama dan hukum dilihat dari sumber, kekuatan
mengikat dan sanksinya
2.
Materi Ajar
·
Pengertian norma
·
Tujuan norma
·
Fungsi norma
·
Macam-mcam norma
·
Hubungan
norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan
·
Sumber-sumber norma
·
Kekuatan mengikat norma
·
Sanksi norma
3.
Metode
Ceramah
bervariasikan tanya jawab, inquiry, penugasan, dan diskusi kelas
4.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran sejarah
perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma yang ada di masyarakat
b.
Siswa mencermati skema, bagan
atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang
diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
c.
Siswa menyimak penjelasan atau
klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa.
d.
Siswa membagi diri ke dalam
kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai
pertanyaan yang ada dalam LKS
e. Siswa menerima LKS yang dibagikan guru
Kegiatan Inti ( 60 menit )
a. Siswa membaca dan mendiskusikan serta
mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
b. Siswa dengan difasilitasi oleh guru
mendiskusikan dan membahas LKS
c. Siswa menyimak dan mencermati uraian
materi pokok norma-norma dalam msyarakatyl, khususnya sub tentang sejarah perkembangan norma; tujuan dan
fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat .
d. Siswa dengan difasilitasi guru,
mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS
e. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi
guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sejarah perkembangan
norma; tujuan dan kegunaan norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat
f. Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan
tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
g.
Siswa mengerjakan tugas-tugas
kelompok
h.
Siswa mempresentasikan hasil
tugas kelompok.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a.
Siswa dengan dibimbing dan
difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sejarah perkembangan norma;
tujuan dan fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat
b. Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang
diberikan guru
Pertemuan 2
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang
macam-macam norma yang ada dalam masyarakat
b.
Siswa mencermati skema, bagan
atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang
diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
c.
Siswa menyimak penjelasan atau
klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa.
d.
Siswa membagi diri ke dalam
kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai
pertanyaan yang ada dalam LKS
e. Siswa menerima LKS yang dibagikan guru
Kegiatan Inti ( 60 menit )
a. Siswa membaca dan mendiskusikan serta
mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
b. Siswa dengan difasilitasi oleh guru
mendiskusikan dan membahas LKS
c. Siswa menyimak dan mencermati uraian
materi pokok norma-norma dalam masyarakat, khususnya sub tentang macam-macam norma yang ada dalam masyarakat
d. Siswa dengan difasilitasi guru,
mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS
e. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi
guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sumber, sanksi, dan
ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
f. Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan
tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
g.
Siswa mengerjakan tugas-tugas
kelompok
h.
Siswa mempresentasikan hasil
tugas kelompok.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a.
Siswa dengan dibimbing dan
difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang
lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
b. Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang
diberikan guru
Pertemuan 3
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang
sumber-sumber norma dan kekuatan mengikat norma yang ada dalam masyarakat
b.
Siswa mencermati skema, bagan
atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang
diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
c.
Siswa menyimak penjelasan atau
klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa.
d.
Siswa membagi diri ke dalam
kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai
pertanyaan yang ada dalam LKS
e. Siswa menerima LKS yang dibagikan guru
Kegiatan Inti ( 60 menit )
a. Siswa membaca dan mendiskusikan serta
mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
b. Siswa dengan difasilitasi oleh guru
mendiskusikan dan membahas LKS
c. Siswa menyimak dan mencermati uraian
materi pokok sumber-sumber norma dan kekuatan mengikat norma yang ada dalam masyarakat
d. Siswa dengan difasilitasi guru,
mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS
e. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi
guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sumber-sumber dan
kekuatan mengikat norma, yang ada dalam masyarakat
f. Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan
tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
g.
Siswa mengerjakan tugas-tugas
kelompok
h.
Siswa mempresentasikan hasil tugas
kelompok.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a.
Siswa dengan dibimbing dan
difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang
lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
b. Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang
diberikan guru
Pertemuan 4
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang
pelaksanaan sanksi terhadap pelaku pelanggaran norma yang ada dalam masyarakat
b.
Siswa mencermati skema, bagan
atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang
diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
c.
Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi
guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa.
d.
Siswa membagi diri ke dalam
kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai
pertanyaan yang ada dalam LKS
e. Siswa menerima LKS yang dibagikan guru
Kegiatan Inti ( 60 menit )
a. Siswa membaca dan mendiskusikan serta
mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
b. Siswa dengan difasilitasi oleh guru
mendiskusikan dan membahas LKS
c. Siswa menyimak dan mencermati uraian
materi pokok jenis-jenis sanksi yang diberikan terhadap pelanggar norma
d. Siswa dengan difasilitasi guru,
mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS
e. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi
guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan jenis-jenis dan
pelaksanaan sanksi terhadap pelanggar norma
yang ada dalam masyarakat
f. Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan
tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
g.
Siswa mengerjakan tugas-tugas
kelompok
h.
Siswa mempresentasikan hasil
tugas kelompok.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a.
Siswa dengan dibimbing dan
difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang jenis-jenis dan pelaksanaan
sanksi bagi pelanggar norma yang ada dalam masyarakat
b. Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang
diberikan guru
5.
Alat/Sumber Belajar
·
Buku teks siswa kelas VII
·
Buku Pengayaan siswa kelas VII
·
Contoh norma,
·
Orang tua
·
Tokoh masyarakat setempat
·
artikel/berita di media massa
6.
Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis
diberikan setelah pertemuan keempat. Sedangkan untuk pertemuan ke-1 s.d. 3
penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas
siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas.
Adapun teknik penilaian yang digunakan adalah tes
tertulis dengan bentuk tes uraian dan pilihan ganda,
Bagian I
Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini dengan
cara memberi tanda silang (X) pada alternatif yang benar atau paling benar di
antara empat kemungkinan jawaban yang tersedia!
- Bila Anda berbicara tentang kualitas kebaikan seseorang, maka yang dimaksud hal itu adalah......
A. materi
B. norma
C. nilai
D. moral
- Materi nilai kesatuan, kerukunan dan tanggung jawab, termasuk ke dalam norma..........
A. agama
B. hukum
C. sosial
D. kesopanan
3. Norma yang sanksinya berupa rasa menyesal
dinamakan norma
A.
kesusilaan
B.
kemasyarakatan
C.
agama
D.
kesopanan
4. Kelebihan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan
lainnya adalah, manusia dikaruniai….
A. bentuk fisik yang sempurna
B. rasa malu
C. akal pikiran
D. hari nurani
5. Manusia dapat membentuk kelompok dan menciptakan
pakaian dengan menggunakan….
A. nalurinya
B. daya pikirannya
C. rasa estetikanya
D. etika dan khayalannya
6. Dalam mewujudkan hasrat dan cita-citanya setiap
individu manusia akan dihadapkan kepada….
A. kepentingan orang lain
B. norma yang ada dalam masyarakat
C. penguasa setempat
D. saingan usahanya
7. Pada hakekatnya manusia mempunyai dua hasrat,
yaitu ingin….
A. bahagia dan jaya
B. dihormati dan terhormat
C. menjadi satu dengan manusia lain dan alam
sekitarnya
D. sempurna dan bahagia
8. Kaidah hidup yang paling tua adalah norma….
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum
9. Kaidah atau norma yang jenis sanksinya berupa
pengusiran dari kelompoknya dinamakan kaidah….
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum
10. Manakah di antara kaidah hidup di bawah ini yang mempunyai
sanksi paling tegas, baik di dunia maupun di akherat?
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum
11. Tujuan yang paling mendasar diciptakannya kaidah
atau norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan….
A. kepastian hukum
B. ketertiban dalam masyarakat
C. keadilan sosial
D. kebahagiaan bagi masyarakat
12. Sekalipun di masyarakat telah ada dan berkembang
kaidah/norma hidup, namun dalam pelaksanaannya manusia masih memerlukan norma
hukum. Hal ini dikarenakan….
A. setiap manusia ingin berusaha untuk berbuat yang
terbaik badi dirinya
B. semua kepentingan manusia telah terwadahi dalam
ketiga norma
C. tidak semua orang mentaati norma yang ada
D. kepentingan setiap orang berbeda-beda
13. Salah satu ciri norma hukum bila dibandingkan
dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya, yaitu….
A. sudah ditentukan terlebih dahulu
B. tegas dan keras
C. tidak memandang siapa yang bersalah
D. dibuat oleh lembaga kemasyarakatan
14. Manakah di antara perbuatan di bawah ini yang bisa
dikatagorikan bentuk pelanggaran terhadap keempat norma yang ada dalam
masyarakat ?
A. mencuri
B.
memberikan
warisan kepada pihak perempuan saja
C.
memfitnah
D. menghina tetangga
15. Norma mempunyai fungsi yang sangat penting
dalam masyarakat, yaitu untuk....
A.
menegakkan keadilan
B.
menegakkan kebenaran
C.
menciptakan ketertiban
D.
mewujudkan kebersamaan
Bagian II
Jawablah semua pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas dan tepat!
- Jelaskan hakekat norma yang berlaku dalam masyarakat
- Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
- Uraikan macam – macam norma yang berlaku dalam masyarakat
- Jelaskan perbedaan norma dilihat dari sumber, kekuatan mengikat dan jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya!
- Berikan contoh perbuatan yang menjunjung tinggi norma yang berlaku di masyarakat!
Mengetahui
Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MTs
Syarif Hidayatullah Jetis
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / I
Standar kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Kompetensi Dasar : 1.2
Menjelaskan hakikat dan
arti penting hukum bagi warga
negara
Indikator
·
Menjelaskan pengertian hukum
·
Menjelaskan
pembagian hukum menurut sifat, bentuk dan isinya
·
pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
·
Menjelaskan
tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum
dalam suatu negara
·
Menunjukkan
kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi waktu :
6 X 40 menit (3 X pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian hukum dengan tepat
2. Siswa
dapat menjelaskan pembagian hukum menurut sifatnya
3. Siswa
dapat menjelaskan pembagian hukum
menurut bentuknya
4. Siswa
dapat menjelaskan pembagian hukum menurut
isinya
5. Siswa
dapat menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
6.
Siswa dapat menjelaskan tujuan dan
fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara
7. Siswa
dapat memberikan contoh perilaku patuh terhadap hukum dalam kehidupan
sehari-hari
B. Materi Pembelajaran
1. pengertian
hukum dengan tepat
2. pembagian
hukum menurut sifatnya
3. pembagian
hukum menurut bentuknya
4. pembagian
hukum menurut isinya
5. pentingnya
norma hukum dalam kehidupan bernegara
6. tujuan
dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara
7. memberikan
contoh perilaku patuh terhadap hukum dalam kehidupan sehari-hari
C. Metode
Ceramah bervariasi, diskusi, telaah buku,
penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
|||
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang
akan diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti Kajian Pustaka
a. Penjelasan konsep tentang pengertian hukum dikaitkan
dengan perilaku manusia dalam hidup
bermasyarakat
b.
Membagi siswa menjadi 8
kelompok
c. Masing-masing kelopompok diberikan tugas untuk
menelaah
melalui kajian pustaka, mengenai
pembagian hukum menurut fungsinya,
bentuknya serta
hukum menurut isinya.
d. Masing-masing
kelompok diberikan kesempatan untuk
mempresentasikan hasil telaahanya
e. Kelompok
lain menanggapinya
f. Klarifikasi dari guru tentang pemahaman pemahaman pembagian hukum |
10 menit
60 menit
|
|
|||
3.
|
Penutup
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk
memantapkan pemahaman materi
yang sudah
dipelajari
b. Mengadakan post test
c.
Memberi tugas rumah secara berkelompok
guna mempersiapkan materi yang
akan datang berupa telaah
buku, berkaitan dengan pembagian hukum menurut isinya, pentingnya norma hukum
dalam kehidupan bernegara.Tujuan dan fungsi ditetapkanya hukum dalam suatu
negara
|
10 menit
|
|
|||
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti a Masing-masing kelompok diberikan kesemptan untuk
mempresentasikan hasil
diskusinya
b. Kelompok lain menanggapinya
c. Klarifikasi dari guru tentang materi yang telah
didiskusikan oleh masing-masing kelompok
Penutup
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk
memantapkan pemahaman
materi yang sudah
dipelajari
b. Mengadakan post test
c. Memberikan tugas kelompok di luar kelas guna
mempersiapkan materi yang akan
datang berupa laporan hasil
pengamatan tentang pelanggaran terhadap tata tertib Madrasah oleh siswa dalam
rentang waktu satu minggu!
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
|
Pertemuan 3
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang telah dan
akan diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti a. Penjelasan tentang pelaksanaan diskusi kelompok b. Setiap kelompok mempersiapkan laporan hasil
pengamatanan di Madrasah
tentang pelanggaran terhadap tata tertib Madrasah oleh siswa
c. Masing-masing kelompok
diberikan kesempatan untuk
mempresentasikan hasil
pengamatannya
e. Kelompok lain menanggapinya
f. Klarifikasi dari guru tentang dampak pelanggaran terhadap tata tertib Madrasah Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk
memantapkan pemahaman
materi yang sudah
dipelajari
b. Mengadakan post test
c. Memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang
akan datang berupa telaah buku di rumah masing- masing secara individual berkaitan
dengan materi sesuai dengan
kompetensi dasar yang akan dipelajari
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
|
E. Sumber belajar
v Buku Teks Siswa kelas VII
v Perilaku siswa dan guru
v Artikel/berita di media massa
F. Penilaian
Soal-soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat.
- Jelaskan pengertian hukum
- Jelaskan pembagian hukum menurut:
- sifatnya
- bentuknya
- isinya
- Jelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
- Jelaskan tujuan ditetapkan hukum dalam kehidupan bernegara
- Jelaskan fungsi hukum dalam kehidupan bernegara
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat diantara 4 (empat)
alternatif kamu jawaban yang tersedia
1. Alasan
masyarakat memerlukan norma hukum,adalah….
a.
ingin berbuat yang terbaik bagi dirinya
b.
belum semua
kejawaban yang tersediapentingan
terwadahi dalam norma yang lain
c.
tidak semua
orang mentaati norma yang ada
d.
hendak
mewujudkan kepastian hukum
- Contoh-contoh berikut yang termasuk kepada peristiwa perdata adalah...
a.
pembagian
harta waris
b.
melakukan
penghinaan terhadap orang lain
c.
terjadi
pemukulan terhadap pencuri
d.
tidak
melaporkan kejahatan yang pernah dilihatnya
3. Perbedaan norma hukum dengan norma lainya dalam
masyarakat, yaitu norma hukum....
a. Dibuat oleh
negara
b. Berlaku bagi masyarkat tertentu
c. Sanksi tidak begitu tegas
d. Tergantung kepada keinginan masyarakat
4. Ditangkap dan dipenjarakan adalah contoh sanksi
dari norma.....
a.
Hukum
b.
Agama
c.
Kesopanan
d.
Adat
5. Berikut ini yang tidak termasuk hukum publik
adalah hukum.....
a.
Perdata
b.
Pidana
c.
Tata negara
d.
Administrasi
negara
Mengetahui
Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah
Jetis
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / I
Standar kompetensi :1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan
bernegara
Kompetensi Dasar : 1. 3 Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istia
dat dan
peraturan yang berlaku dalam kehidupan
bermayarakat, berbangsa dan bernegara
Indikator
Memberikan contoh penerapan norma ,
kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
Alokasi waktu :
4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di Madrasah
antara
siswa dengan personil Madrasah,
antar sesama siswa
2. Memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga
3. Memberikan contoh penerapan norma hukum di lingkungan Madrasah
4. Memberikan contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat
B. Materi Pembelajaran
1. Contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di Madrasah antara
siswa dengan personil Madrasah,
antar sesama siswa
2. Contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga
3. Contoh penerapan norma hukum di lingkungan Madrasah
4. Contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat
C. Metode
Ceramah bervariasi, bermain peran, penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
|||
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi
yang akan diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti a. Membagi siswa menjadi 8 kelompok b. Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk
Memerankan penerapan norma kesopanan, norma agama, dan
norma hukum dalam kehidupan keluarga, Madrasah maupun masyarakat. Dalam norma
kesopanan misalnya dalam berbicara,
menghormati orang yang lebih tua, atau contoh kesopanan lainya. Dalam norma hukum misalnya memerankan orang
yang melanggar hukum, dan akibatnya. (misal jika merokok, narkoba dan
lainya). Kemudian memberikan solusi
yang tepat menurut norma hukum. Peristiwa yang diperankan supaya menarik
minat dalam KBM diupayakan yang seaktual mungkin
c. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan
untuk
memerankan adegan penerapan norma
tersebut selama 7 menit
e. Kelompok lain
menanggapinya
|
10 menit
60 menit
|
|
|||
3.
|
Penutup
a.Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok
memberikan reflexsi
terhadap peran yang telah
ditampilkan.
b. Mengadakan post test
c. Memberi tugas rumah secara berkelompok guna
mempersiapkan materi
yang akan datang berupa
kliping dari surat kabar
tentang akibat jika melanggar
norma yang berlaku dalam
masyarakat ( norma
kesopanan, norma agama,
norma hukum)
|
10 menit
|
|
|||
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara
lisan tentang materi yang sudah
diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk
mempresentasikan hasil
tugasnya
b. Kelompok lain menanggapinya
c. Klarifikasi dari guru tentang materi yang telah
dipresentasikan oleh
masing-masing kelompok
Penutup
a. Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok
memberikan reflexsi
terhadap materi yang telah
ditampilkan oleh masing
masing kelompok
b. Mengadakan post test
c. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan
dipelajari pada minggu
berikutnya
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E. Sumber belajar
v
Buku
Teks Siswa kelas VII
v
Perilaku
siswa dan guru
v
Artikel/berita
di media massa
F. Penilaian
1. Penilaian Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Keaktifan
|
Pemahaman
|
Kerjasama
|
Jumlah
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Aspek keaktifan diberi nilai maksimal = 40 ,
minilal = 10
Aspek pemahaman
diberi nilai = 40, minimal
= 10
Aspek kerja sama diberi nilai maksimal = 20,
minimal = 10
2. Penilaian terhadap hasil kerja
No
|
Nama Siswa
|
Kesesuai materi dengan tugas
|
Komentar
terhadap materi
|
Kerapihan
/penampilan
|
Jumlah
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Aspek kesesuaian materi maksimal = 40 ,
minilal = 10
Aspek komentar = 40, minimal
= 10
Aspek kerapihan/penampilan =
20, minimal = 10
Mengetahui Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah
Jetis
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / I
Standar kompetensi : 2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar :
2.1 Menjelaskan makna
proklamasi kemerdekaan
Indikator
·
Menguraikan
perjuangan bangsa Indonesia dalammencapai kemerdekaan
·
Menjelaskan
arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
·
Menunjukkan
pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
Alokasi waktu :
4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa dapat :
1.Menjelaskan secara singkat
perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik
proklamasi kemerdekaan
2. Menjelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
3. Mendeskripsikaan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
B. Materi Pembelajaran
1. Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
2. Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
3. Pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
C. Metode
Tanya jawab, diskusi, inkuiri, penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
|
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi
yang akan diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
b. Tanya jawab dan penjelasan tentang bangsa-bangsa
yang pernah menjajah Indonesia dan sifat-sifat perjuangan bangsa sebelum dan
sesudah tahun 1908
c. Kajian pustaka dengan menelaah serbagai sumber
(buku) yang berisi tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan
d. Membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing
terdiri dari 5 orang
e. Masing-masing kelompok membahas pertanyaan yang
berbeda berdasarkan masalah yang telah disiapak guru
f. Masing-masing kelompok mendiskusikan masalah
yang temanya adalah peristiwa sekitar proklamasi dan makna proklamasi bagi
bangsa Indonesia.
g. Masing-masing kelompok melaporkan secara
tertulis hasil diskusi
|
10 menit
60 menit
|
|
|
3.
|
Penutup
a. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
diskusi
b. Post test sebagai unpan
balik
c. Tindak lanjut dnegan
pemberian tugas untuk
mempersiapkan diskusi
minggu berikutnya.
|
10 menit
|
|
|
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara
lisan tentang materi yang sudah
diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a. Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan
dilaksanakan dilanjutkan dengan
pembagian kelompok
( menjadi 5 Kelompok )
b.
Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan
pertanyaan yang berkaitan dengan
pewarisan semangat
peroklamasi kemerdekaan.
c. Setiap kelompok memperesentasikan
hasil diskusinya,
sementara kelompok lain menanggapi.
Penutup
a. Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru
diakhiri dengan penguatan
b. Post test
c. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk
mewawancarai sakasi hidup
Pahlawan Kemerdekaan. !
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
|
E. Sumber belajar
v
Buku
Teks PKn bagi Siswa kelas VII
v
Buku-buku
Tkas Resmi tentang Proklamasi
v
Artikel-artikel,
Teks Proklamasi
v
Naskah
Pidato sidang PPKI
v
Nara
Sumber ( Saksi Sejarah yang masih hidup )
v
UUD
1945
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah
proses pembelajaran. Penilaian tertulis dilaksanakan setelah selesai pertemuan
ke-2, sedangkan untuk pertemuan ke-1 penilaian lebih ditekankan melalui
kegiatan tanyan jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi dan dalam
melaksanakan tugas. Teknik penilaian adalah tes tertulis berbentuk uraian
berstruktur.
Soal-soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat !
- Jelaskan secara singkat tentang persitiwa-perisitiwa penting yang terjadi sekitar proklamasi kemerdekaan !
- Jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia !
- Meengapa pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan itu sangat penting bagi generasi muda ?
Contoh soal-soal tes lisan dalam proses
pembelajaran
- Siapakakah tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan yang berjasa dalam peristiwa detik-detik proklamasi !
- Semangat atau nilai-nilai-nilai perjuangan apa yang diwariskan oleh pahlawan kemerdekaan kepada kita ?
- Bagaimana keadaan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah merdeka ?
Mengetahui
Bondowoso
, 01 Juli 2011
MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah
JetisMTS
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / I
Standar kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan
dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi
pertama
Indikator :
- Menjelaskan suasana sidang PPKI tanggal 18
agustus 1945
- Menguraikan hasil-hasil sidang
PPKI tanggal 18 Agustus
1945
Alokasi waktu : 2 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan dengan singkat suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
2. Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
B. Materi Pembelajaran
1. Suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
2. Hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
C. Metode
Tanya jawab, diskusi, inkuiri, penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi
yang telah diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a. Tanya jawab
dan penjelasan tentang suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
b. Kajian pustaka dengan menelaah
berbagai sumber belajar ( buku, artikel, naskah pidato ) tentang suasana
sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
c.
Melakukan simulasi yang menggambarkan suasana sidang PPKI tanggal 18
Agustus 1945
d. Mendiskusikan bagaimana jalannya
simulasi yang telah dilakukan dan memberikan laporan tertulis
Penutup :
1. Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil diskusi
2. Post tes sebagai unpan balik
bagi guru
3. Tindak lanjut dengan memberikan
tugas-tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan
dicapai
Kegiatan
Inti
a .Kajian pustaka dengan menelaah buku sumber ( buku teks siswa )
tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
b.
Bertanya jawab tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus
1945.
c.
Siswa dengan difasilitasi guru, berusaha mengklarifikasi tentang
hasil-hasil tanya jawab yang telah dilakukan sebelumnya.
d. Siswa mengerjakan tugas-tugas individu
Penutup
a. Dengan bimbingan dan difasilitasi guru, siswa membuat rangkuman
materi tentang suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 dan
hasil-hasilnya.
b. Mengadakan post tes
c. Memberi tugas rumah berupa telaah
materi yang akan dipelajari pada
minggu berikutnya
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E. Sumber belajar
v
Buku
Teks Siswa kelas VII
v
UUD
1945
v
Buku-buku
litelatur yang berissi tentang Proklamasi
v
Artiel-artikel, teks Proklamasi
v
Nara
sumber ( saksi hidup )
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah
proses pembelajaran. Penilaian tertulis dilaksanakan setelah selesai pertemuan
ke-2, sedangkan untuk pertemuan ke-1 penilaian lebih ditekankan melalui
kegiatan tanyan jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi dan dalam
melaksanakan tugas. Teknik penilaian adalah tes tertulis berbentuk uraian
berstruktur.
Soal Uraian :
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
- Jelaskan bagaimana gambaran suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 !
- Uraikan bagaimana hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 !
Contoh soal lisan selama dalam proses pembelajaran
:
- Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki pemipimpin ( presiden ) ?
- Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki konstitusi ?
- Lembaga negara apakah yang berwenang memilih pemimpin ( presiden ) dan menetapkan konstitusi untuk yang pertama kali ?
Mengetahui
Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah
Jetis
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / I
Standar kompetensi : 2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.3 Menganalisis hubungan proklamasi
dengan UUD 1945
Indikator
·
Menjelaskan
makna proklamasi bagi bangasa Indonesia
·
Menjelaskan
hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945
Alokasi waktu :
2X 40 menit (1 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan makna proklamasibagi
bangsa Indonesia
2. Menjelaskan hubungan antara proklamasi dngan UUD 1945
B. Materi Pembelajaran
1. Makna proklamasi bagi bangsa
Indonesia
2. Hubungan antara proklamasi dngan UUD 1945
C. Metode
Ceramah berpariasi, diskusi
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
|
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi
yang akan diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti
h. Tanya jawab dan penjelasan tentang bangsa-bangsa
yang pernah menjajah Indonesia dan sifat-sifat perjuangan bangsa sebelum dan
sesudah tahun 1908
i.
Kajian
pustaka dengan menelaah teks proklamasi
j.
Membagi
siswa menjadi 4 kelompok, masing-masing terdiri dari 5 orang
k. Masing-masing kelompok membahas mendiskusikan
makna proklamasi dan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945
l.
Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain
m. Guru melakukan pelurusan dan pembenaran materi
|
10 menit
60 menit
|
|
|
3.
|
Penutup
a. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
diskusi
b. Post test sebagai unpan
balik
c. Reflexi dan Tindak lanjut dengan
pemberian tugas untuk mempersiapkan
materi berikutnya
|
10 menit
|
|
|
E. Sumber belajar
v
Buku
Teks PKn bagi Siswa kelas VII
v
Buku-buku
Tkas Resmi tentang Proklamasi
v
Artikel-artikel,
Teks Proklamasi
v
Naskah
Pidato sidang PPKI
v
Nara
Sumber ( Saksi Sejarah yang masih hidup )
v
UUD
1945
F. Penilaian
Soal-soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat !
- Jelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
- Jelaskan hubungan antara proklamasi dengan pembukaan UUD 1945
Mengetahui
Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah
JetisMTS
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / I
Standar kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan
dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.4. Menunjukkan si kap positif terha dap makna prok lamasi
kemerde kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama
Indikator : menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi
kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama
Alokasi waktu :
4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam
mencapai kemerdekaan
2. Menunujkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
3. Menunujkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat
perjuanganya)
4. menunujkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
B. Materi Pembelajaran
1. Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai
kemerdekaan
2. Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
3. Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuanganya)
4. Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
C. Metode
Ceramah bervariasi , penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi
yang telah diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a. guru
menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang dilakukan para
pahlawan untuk mencaai kemerdekaan.
b. Guru memberikan tugas individual kepada
siswa untuk membuat karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan
masyarakat.
c. Beberapa siswa diberi kesempatan untuk
membacakan karangannya, siswa lain menanggapi
d. Guru memberikan pelurusan.
e. guru meminta
beberapa siswa untuk memberikan
penilaian erhadap kemerdekaan yang dirasakannya.
Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang elah dilakukan
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan
dicapai
Kegiatan Inti
a . Guru menjelaskan kembalsecara singkat tentang nilai-nilai 45 an
hubunganya dengan kehidupan masa kini
b. guru membagi kelas menjaqdi 8 kelompok
c. tiap kelompok mendiskusikan
pentingnya pewarisan nilai-nilai 45 dalam mengisikemerdekaan
d. Beberapa kelompok
mempresentasikan hail diskusi
e. Kelomok lain menanggapi
f. Guru memberikan pelususan
Penutup
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pemblajran
b. siswa mengisi kuisioner: Ceklist (V)
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E. Sumber belajar
v
Buku
Teks Siswa kelas VII
v
UUD
1945
v
Buku-buku
litelatur yang berissi tentang Proklamasi
v
Artiel-artikel, teks Proklamasi
F. Penilaian
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TDK
|
1
|
Proklamasi membawa kebe basan bagi bangsa Indonesia
|
|
|
2
|
Di negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja
|
|
|
3
|
Pada saat
proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa Indonesia belum
mempunyai presiden
|
|
|
4
|
UUD 1945 petama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI
|
|
|
5
|
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Ya= sependapat
dengan pernyataan ( skor 1, jika
pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0,
jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)
Mengetahui Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah
Jetis
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / II
Standar kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap
perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
Kompetensi Dasar :
3.1 Menguraikan hakikat,
hukum dan kelembagaan HAM
Indikator
·
Menjelaskan pengertian HAM
· Menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di
Indonesia
· Menyebutkan lembaga-lembaga perlindungan
HAM
· Menjelaskan latar belakang lahirnya
perundang-undangan HAM nasional
Alokasi waktu :
6 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa dapat :
1.Menjelaskan pengertian HAM
2. menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di Indonesia
3. menyebutkan lembaga perlindungan hukum di Indonesia.
4. menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian HAM
2. Dasar Hukum Penegakan HAM di Indonesia
3. Lembaga-lembaga Perlindungan HAM di Indonesia
4. Latar Belakang Lahirnya Perundang-undangan HAM Nasional
C. Metode
Tanya jawab, diskusi,ceramah bervariasi, dan penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
|||
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi
yang akan diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti
n. Penjelasan konsep secara umum tentang
arti/pengertian HAM yang ada dalam NKRI dikaitkan dengan HAM yang ada di
sekitar siswa tinggal.
o. Kajian pustaka dengan menelaah UUD 1945 pada
pasal 28A sampai 28J dan UU No. 39 Tahun 1999.
p. Membagi siswa menjadi 8 kelompok.
q. Menginstruksikan siswa untuk berdiskusi, setelah
mendengar, menelaah tentang UUD 1945 pasal 28A sampai dengan 28J dan UU No.
39 Tahun 1999.
r.
Guru
meminta pendapat siswa tentang pengertian HAM, dan UUD 1945 pada pasal 28A,
UU No. 39 Tahun 1999
s. Setelah selesai, masing-masing kelompok
melakukan presentasi hasil diskusi.
|
10 menit
60 menit
|
|
|||
3.
|
Penutup
a. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi
b. Post test sebagai unpan
balik
c. Tindak lanjut dnegan pemberian tugas
untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya dengan membuat resume tentang
pengertian HAM, UUD 1945, dan UU No. 39 Tahun 1999..
|
10 menit
|
|
|||
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkan dan mengkaitkannya dengan materi tentang lembaga perlindungan HAM yang ada di
Indonesia.
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti a Penjelasan konsep secara umum tentang lembaga perlindungan hukum di Indonesia
b. membagi siswa menjadi 8 kelompok
c. masing-masing kelompok mendiskusikan materi
d. Setiap kelompok melakukan presentasi dengan menunjuk
salah seorang sebagai juru
bicara.
e. kelompok lain menanggapinya.
f. Klarifikasi dari guru tentang tata cara presentasi, dan tanggapan yang
baik dalam membahas tentang lembaga perlindungan HAM di Indonesia.
Penutup
a. Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru diakhiri dengan penguatan
b. Post test
c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah untuk mempersiapkan materi yang akan datang dengan membaca dan menelaah kajian pustaka , buku-buku PKn. |
10 menit
70 menit
10 menit
|
|
Pertemuan 3
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkan dan mengkaitkannya dengan materi yang akan diajarkan..
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti a Penjelasan konsep secara umum tentang latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional.
b. Guru menunjuk kelompok diskusi
yang sudah dibentuk untuk mendiskusikan tentang latar belakang lahirnya
perundang-undangan HAM nasional.
c. Setiap kelompok melakukan presentasi dengan menunjuk salah seorang
sebagai juru bicara.
d. Kelompok lain menanggapinya.
Penutup
a. Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru diakhiri dengan penguatan
b. Post test
c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah. |
10 menit
70 menit
10 menit
|
|
E. Sumber belajar
v
Buku
Teks PKn bagi Siswa kelas VII
v
Buku
UUD 1945
v
UU
No. 39 Tahun 1999
F. Penilaian
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat diantara 4 (empat)
alternatif kamu jawaban yang tersedia
1. Berikut ini merupakan instrumen HAM nasional,
kecuali.....
e.
KOMNAS HAM
f.
Pengadilan
HAM
g.
UU No. 22
Tahun 1999
h.
UU No. 39
Tahun 1999
- Lahirnya perundang-undangan HAM nasional terutama didorong untuk keperluan...........
a.
mencegah berkembangnya paham individualisme.
b.
Mengembangkan dan memenuhi tuntutan masyarakat internasional
c.
Mengembangkan hak-hak warga negara agar sederajat dengan bangsa-bangsa
lain.
d. Melindungi warga negara dari
kesewenang-wenangan yang dilakukan penguasa
maupun pihak lain.
7.
Dalam
menjalankan fungsinya, KOMNAS HAM berperan .......
a. melakukan penelitian berbagai instrumen HAM
nasional
b. menyelidiki perkara HAM melalui cara konsultasi,
negosiasi, konsiliasi, dan penilaian ahli.
c. Menyebarkan wawasan mengenai HAM kepada keluarga,
masyarakat saja.
d. Mengamati pelaksanaan HAM dan menyusun laporan
hasil pengamatan tersebut.
8.
Berikut ini
merupakan dasar hukum HAM kecuali.........
a. UU No. 20 Tahun 1997
b. UU No. 8 Tahun 1998
c. UU No. 32 Tahun 2004
d. UU No. 39 Tahun 1999
9.
Lahirnya
perundang-undangan HAM nasional terutama dilatar belakangi oleh hal-hal
berikut, kecuali........
a. komitmen untuk melaksanakan UDHR
b. desakan masyarakan untuk lebih mengembangkan
kehidupan yang demokratis,
c. melaksanakan amanat Tap MPR No. XVII/MPR/1998
tentang HAM,
d. supaya hak asasi manusia perorangan tergeser oleh
paham kekeluargaan.
Soal-soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat.
11. Jelaskan pengertian HAM?
12. Sebutkan 3 lembaga perlindungan HAM yang ada di
Indonesia.
13. Jelaskan latar belakang lahirnya
perundang-undangan HAM Nasional.
Mengetahui Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah
Jetis
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / II
Standar kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap
perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
Kompetensi Dasar :3.2 Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan
upaya penegakkan HAM
Indikator
· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di
lingkungan keluarga, Madrasah, dan masyarakat
· Mengemukakan cara-cara penanganan
pelanggaran HAM
Alokasi waktu :
4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
2. menganalisis pelanggaran ham di lingkungan Madrasah.
3. menjelaskan kasus-kasus pelanggaran HAM di masyarakat.
4. mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM.
B. Materi Pembelajaran
Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
Perlindungan dan Penegakan HAM.
C. Metode
Ceramah bervariasi, penugasan, telaah buku.
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
|||
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang bagaimana menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, Madrasah, dan masyarakat. c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan tentang pelaksanaan
kegiatan : yakni memecahkan masalah pelanggaran HAM dilingkungan keluarga (lingkungan masing-masing)
b. Penayangan gambar kasus pelanggaran HAM oleh
aparat keamanan dan konflik pemekaran Papua.
c. Siswa menjawab pertanyaan mengapa perlu
memberi tanggapan terhadap pelanggaran HAM di negara kita.
d. Mengekspresikan tanggapan tanggapan dalam
bentuk tulisan/gambar.
e. secara berkelompok, siswa membaca uraian
kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
f. siswa mengemukakan ntanggapan terhadap
uraian dan gambar kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
|
10 menit
60 menit
|
|
|||
3.
|
Penutup
a. Siswa membuat kesimpulan tentang pelanggaran HAM yang terjadi di
lingkungan keluarga, Madrasahn dan masyarakat.
b. Siswa melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
c. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk membaca materi
pelajaran yang akan datang.
|
10 menit
|
|
|||
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan, kelas dll) b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan secara lisan tentang cara-cara menangani pelanggaran HAM dan mengaitkannya dengan materi yang sudah diajarkan c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
d. kelas dibagi menjadi 8 kelompok.
Kegiatan Inti
a. Penjelasan konsep secara umum tentang cara-cara penanganan pelanggaran HAM.
b. Siswa menganalia beberapa kasus pelanggaran HAM
dan cara-cara menanganinya
secara berkelompok.
C. Presentasi hasil analisa oleh masing-masing kelompok.
d. Kelompok lain menanggapinya
c. larifikasi
dari guru tentang materi yang telah dipresentasikan oleh masing-masing kelompok
Penutup
a. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pengamatan
gambar palanggaran HAM.
b. Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok memberikan
reflexsi terhadap materi yang telah ditampilkan oleh masing
masing kelompok Mengadakan post
tes
c. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang
akan dipelajari pada minggu
berikutnya
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E. Sumber Belajar
1. Buku materi PKn kelas VII
2. UUD 1945
3. UU No. 39 Tahun
1999
4. Koran Bekas atau
baru yang menyajikan kasus pelanggaran HAM.
F.
Penilaian
I. Tes Lisan
Daftar
pertanyaan;
1. Apakah yang dimaksud pelanggaran HAM itu?
2. Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi
di lingkungan keluarga, masysrakat,dan di Madrasah!
II. Tugas
a. Buatlah kliping dari surat kabar tentang
kasus-kasus pelanggaran HAM!
b. Lakukan wawancara kepada anggota kepolisian
setempat tentang upaya yang dilakukannya dalam menangani kasus pelanggaran HAM
yang terjadi di wilayahnya.
Mengetahui
Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah
Jetis
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / II
Standar kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap
perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
Kompetensi Dasar : 3.3 Menghargai upaya perlindungan HAM
Indikator
·
Menguraikan peranan lembaga
perlindungan HAM
· Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945
hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM
Alokasi waktu :
6 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Menyebutkan
lembaga-lembaga perlindungan HAM di Indonesia
2. menguraikan peranan lembaga-lembaga perlindungan HAM di Indonesia
3. menyebutkan pasal-pasal dalam
UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM
B. Materi Pembelajaran
1. Lembaga-lembaga
perlindungan HAM di Indonesia
2. Peranan lembaga-lembaga perlindungan HAM di Indonesia
3. Pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil
perubahan yang berkaitan dengan HAM
C. Metode
Tanya jawab, diskusi,ceramah bervariasi,
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
|||
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi
yang akan diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti
a. Guru mempersilakan siswa untuk
menelah teks UUD 1945 dan buku
referensi lain yang sesuai.
b. Guru memberikan ulasan tentang
lembaga-lembaga perlindungan HAM
di Indonesia disertai tanya jawab.
c.
Guru
membagi kelas menjadi 8 kelompok diskusi
d.
Siswa
melakukan diskusi berikut:
kelompok 1. membahas peranan
komnas HAM.
·
Kelompok 2.
membahas peranan komda HAM
·
Kelompok 3.
membahas peranan POLRI
·
Kelompok 4.
membahas peranan Kejaksan
·
Kelompok 5.
membahas peranan Peradilan
·
Kelompok 6.
membahas peranan Lembaga Pemasyarakatan
·
Kelompok 7.
membahas peranan membahas peranan LBH
·
Kelompok 8.
membahas peranan LSM.
e. Kelompok 1dan 2 maju bergantian
untuk mempresentasikan hasil
diskusinya, yang lain menanggapi.
f. Guru bersama siswa
menyimpulkan hasil diskusi.
|
10 menit
60 menit
|
|
|||
3.
|
Penutup
a. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi
pembelajaran.
|
10 menit
|
|
|||
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara
lisan tentang materi yang sudah
diajarkan dan mengkaitkannya
dengan materi tentang lembaga perlindungan HAM yang ada di
Indonesia.
c. Informasi kegiatan diskusi lanjutan
Kegiatan Inti
a. siswa kembali ke kelompoknya,
melanjutkan proses diskusi.
b. setiap kelompok melakukan
presentasi secara bergiliran mulai
kelompok 3,4,5,6,7, dan 8.
c. Guru mengadakan pelurusan.
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
|
Pertemuan 3
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah diajarkan
dan mengkaitkannya dengan materi yang akan diajarkan..
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan
Inti
a siswa menelaah buku teks dan UUD 1945 hasil perubahan.
b. Guru
memberi tugas kepada siswa untuk untuk
menganalisis pasal-pasal UUD 1945 yang
berkaitan dengan HAM danmengomentari bunyi
pasal- pasal tersebut.
c. Secara acak, guru meminta
kelompok untuk menyebutkan
pasal-pasal tentang HAM dan mengomentari
bunyi pasal-pasal tersebut Setiap kelompok melakukan presentasi dengan
menunjuk salah seorang
sebagai juru bicara.
d. Kelompok lain menanggapinya.
Penutup
a. Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru diakhiri dengan penguatan
b. Post test
c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah. |
10 menit
50 menit
10 menit
|
|
E. Sumber
belajar
v Buku Teks PKn bagi Siswa kelas VII
v Buku UUD 1945
v UU No. 39 Tahun 1999
F. Penilaian
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah
satu jawaban yang paling tepat diantara
4 (empat) alternatif kamu jawaban yang tersedia
1. Yang
bukan merupakan hak asasi manusia yang pokok berikut ini adalah........
a.
hak untuk berkumpul
b.
hak hidup
c.
hak kemerdekaan
d. hak memperoleh kebahagiaan
2. Hak berserikat dan berkumpul serta
mengeluarkan pendapat tercantum dalam UUD 1945 pasal............
a.
28E ayat 1
b.
28E ayat2
c.
28 ayat 3
d.
28D ayat 4
3.
Pasal 28A UUD 1945 menyebutkan bahwa setiap orang berhah untuk hidup,
sertaberhah mempertahankan hidup dan ..........
a.
kemerdekaan
b.
kehidupan
c.
ketentraman
d.
keinginan.
4. Setiap orang berhak atas status kewarga
negaraan. Hal ini ditegaskan dalam UUD 1945 .pasal......
a.
28D ayat 1
b.
28D ayat 4
c.
28G ayat 1
d.
28G ayat 2.
5. Berdasarkan pasal 28J, setiap orang......
a.
berhak menghormati orang lain
b. membentuk
keluarga dan melanjutkan keturunan
c. wajib
menghormati hak asasi orang lain.
d. bebas
memiliki hak yang seluas-luasnya.
6. lembaga resmi yang bertujuan meningkatkan
perlindungan dan penegakan HAM di Indonesia adalah.....
a. Pengadilan
b. DPR
c. POLRI
d. Komnas HAM.
7. Tugas dan wewenang Komnas HAM adalah.........
a. mengamati
pelaksanaan HAM
b. mewujudkan
lembaga yang mandiri dan profesional
c. membantu
menyelesaikan pelanggaran HAM di masyarakat.
d. mengadakan
pengkajian, penelitian, dan penyuluhan tentang HAM
8. Komnas HAM berkedudukan di ..........
a. Surabaya
b. Kabupaten
c. Provinsi
d. Kecamatan
9.
Berikut ini termasuk lembaga perlindungan dan penegakan HAM selain KOMNAS HAM,
kecuali.......
a. Kejaksaan RI
b. POLRI
c. Pengadilan HAM
d. Perusahaan
Nasional.
10. Ketua komnas Perlindungan anak sekarang ini
dijabat oleh.......
a. Seto Mulyadi
b. Mutia Hatta
c. Yusril Ihza Mahendra
d. Hamid Awaludin
SOAL URAIAN
Uraikan secara ringkas dan jelas lembaga-lembaga
perlindungan HAM berikut ini
1. Komnas
HAM
2. Lembaga
Bantuan Hukum Indonesia
3. Pengadilan
HAM
4. Komisi
untuk orang hilang dan Tindak Kekerasan.
Mengetahui
Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah
Jetis
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / II
Standar kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap
perlindungan dan
penegakkan Hak
Azasi Manusia (HAM)
Kompetensi Dasar :3.4 Menghargai upa ya penegakkan HAM
Indikator
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya
·
Menampilkan
sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya
Alokasi waktu :
4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. menyebutkan
minimal 5 kasus pelanggaran HAM di Indonesia
2. menyebutkan
jenisjenis kasus pelanggaran HAM di
masyarakat
3. menunjukan
bentuk-bentuk partisipasi msyarakat dalam ikut penegakan HAM
4. menyebutkan upaya-upaya penegakan dan
perlindungan HAM oleh lembaga perlindungan HAM
5. Menampilkan sikap positif terhadap upaya
penegakan dan perlindungan HAM di wilayahnya
B. Materi Pembelajaran
1. Kasus
pelanggaran HAM di Indonesia
2. Jenis-jenis
kasus pelanggaran HAM di masyarakat
3. Bentuk-bentuk
partisipasi msyarakat dalam ikut penegakan HAM
4. Upaya-upaya penegakan dan perlindungan HAM
oleh lembaga perlindungan HAM
5. Sikap
positif terhadap upaya penegakan dan perlindungan HAM di wilayahnya
C. Metode
Ceramah
bervariasi, diskusi dan simulasi
D. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
|||
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan
tentang materi
c. Informasi kompetensi yang akan
dicapai
Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan tentang kasus-kasus pelanggaran HAM
b. Guru
membagi kelas menjadi 8 kelompok dengan tugas menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi serta bentuk
partiipasi masyarakat dalam ikut
pelaksanaan perlindungan dan penegakkan
HAM
c. Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi dan didtanggapai
oleh kelompok lain
d. Guru mengadakan pelurusan
trhadap jalanya diskusi dan isi
materi diskusi
|
10 menit
60 menit
|
|
|||
3.
|
Penutup
a. Guru bersama siswa membuat
kesimpulan bersama tentang
materi
b. Post tes
c. Reflexsi
|
10 menit
|
|
|||
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan
Inti
a. Guru
menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan dengan materi pelanggaran HAM beserta upaya penegakan HAM
b. Kelas
dibagi menjadi 2 kelompok
o
Kelompok
pertama mensimulasikan pelanggaran HAM tentang kekerasan dalam keluarga serta
upaya untuk menghentikan pelanggaran tersebut
o
Kelompok
kedua mensimulasikan pelanggaran Ham tentang orang tua yang melarang anaknya
untuk berMadrasah, serta upaya untuk menghentikan pelanggaran tersebut
c. Siswa
diminta menanggapi tentang jalanya simulasi tersebut
d. Guru
melakukan pelurusan tentang jalannya simulasi tersebut
e. Guru
meminta hasil laporan simulasi tersebut dari masing-masing
siswa
Penutup
a. Siswa bersama guru menyimpulkan
b. Reflexsi
c. Memberi tugas rumah berupa telaah materi
yang akan dipelajari pada minggu
berikutnya
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E. Sumber
Belajar
1. Buku materi PKn kelas VII
2. UUD 1945
3. UU No. 39 Tahun 1999
4. Koran Bekas atau baru yang menyajikan kasus
pelanggaran HAM.
F. Penilaian
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
1
|
Orang tua yang melanggar HAM harus diadili
sesuai kesalahanya
|
|
|
|
|
|
2
|
Upaya penegakkan HAM harus dimulai dari keluarga
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru adalah salah satu aparat penegak HAM di
Madrasah
|
|
|
|
|
|
4
|
Kewajiban
menegakkan HAM terletak pada aparatur kepolisian dan LSM pemerhati HAM
|
|
|
|
|
|
5
|
Guru memukul siswa karena tidak mengerjakan PR,
merupakan bentuk upaya penegakkan HAM di Madrasah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
SS = skor 5 bila pernyataan bersifat positif, 1
bila bersifat negatif
S = skor
4 bila pernyataan bersifat positif, 2
bila bersifat negatif
N = skor
3
TS = skor
2 bila pernyataan bersifat positif, 4
bila bersifat negatif
STS = skor
1 bila pernyataan bersifat positif, 5
bila bersifat negatif
Nilai = Jumlah Skor yang diperoleh X
100
Skor maximal
- Lembar penilaian Simulasi
No
|
Nama
Siswa
|
Kesesuaian dengan tema
|
Penjiwaan pemeran
|
Tanggapan
kelompok lain
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
Keterangan
Kesesuaian dengan tema Nilai maximal = 40
Penjiwaan
Nilai maximal =
30
Tanggapan kelompok = 30
Mengetahui
Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah :
MTs Syarif Hidayatullah Jetis
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / II
Standar kompetensi : Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
Kompetensi Dasar : 4.2
Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas
dan bertanggung jawab
Indikator
1.
Menjelaskan
dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat
2.
Menjelaskan
hake kat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertang gung jawab
3.
Menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat secara bebas
dan bertanggung jawab
Alokasi waktu :
4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa dapat :
Pertemuan 1.
1. Menyebutkan pasal dalam UUD 1945 yang
mengatur kemerdekaan mengemukakan pendapat
2. Menjelaskan isi pasal dalam UUD 1945 yang
mengatur kemerdekaan mengemukakan pendapat
3. Menyebutkan Undang-Undang yang mengatur
kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum.
4. menjelaskan pentingnya mengemukakan pendapat
secara bebas dan bertanggung jawab.
5. menyebutkan
3 (tiga) asas kemerdekaan mengemukakan pendapat.
6. menyebutkan tujuan pengaturan kemerdekaan
mengemukakan pendapat di muka umum.
7. menuliskan
hak dan kewajiban warga negara dalam mengemukakan pendapat
Pertemuan 2.
1. menyebutkan
bentuk-bentuk mengemukakan pendapat di muka umum.
2. menyebutkan
tata-cara menyampaikan pendapat di muka umum
B. Materi
Pembelajaran
1. Landasan
hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat.
2. Pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat
secara bebas dan bertanggung jawab.
3. Asas-asas
kemerdekaan mengemukakan pendapat
4. Tujuan pengaturan mengemukakan pendapat
dimuka umum.
5. Hak dan kewajiban warga negara dalam mengemukakan
pendapat di muka umum.
6. Bentuk-bentuk
menyampaikan pendapat di muka umum.
7. Tata
cara mengemukakan pendapay di muka umum.
C. Metode
Ceramah bervariasi, tanya jawab, simulasi.
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
|||
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi
yang akan diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti
a. Penjelasan konsep tentang
landasan hukum, asas-asas, dan tujuan
menyampaikan pendapat secara bebas dan bertanggung
jawab.
b. Membagi siswa menjadi 8
kelompok untuk mempraktikkan
diskusi dengan tema “Larangan merokok dikalangan pelajar MTS”. Siswa
diminta melaporkan kesan dan pesan
pelaksanaan diskusi tersebut.
c. Guru bersama siswa menganalisa pelaksanaan
diskusi tersebut untuk menyimpulkan
pentingnya mengemukakan pendapat
di muka secara bebas dan bertanggung
jawab, dan hak dan kewajiban warga negara
dalam menyampaikan pendapat di muka umum..
|
10 menit
60 menit
|
|
|||
3.
|
Penutup
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa |
10 menit
|
|
|||
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan
secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkan
c. Mengingatkan
materi pada pertemuan yang lalu.
d. Informasi kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti a Membagi kelas menjadi 8 kelompok.
b. Masing-masing kelompok menelaah dan
mendiskusikan materi Undang-Undang No. 9 Tahun 1998 untuk menemukan
bentuk-bentuk dan tata cara penyampaian pendapat di muka umum, dan memberikan
tanggapannya.
c. Selesai diskusi, guru menunjuk salah seorang
siswa untuk menjelaskan bentuk-bentuk dan tata cara penyampaian pendapat di
muka umum.
Penutup
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa.Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru diakhiri dengan penguatan
b. Post
test
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
|
E. Sumber
belajar
v
Buku
Teks PKn bagi Siswa kelas VII
v
UUD
1945
v
UU
N0. 9 Tahun 1998Artikel-artikel,
F. Penilaian
a. Format Penilaian Diskusi
No
|
Nama
Siswa
|
Berpendapat
|
Bertanya
|
Menanggapi
|
Memberikesempatan
bertanya
|
Kerjasama
|
Jmlh
skor
|
|||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
b. Pilihan
Ganda.
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat diantara 4 (empat)
alternatif kamu jawaban yang tersedia
1. Undang-Undang
Dasar 1945 memberikan jaminan terhadap kemerdekaan menemukakan pendapat.
Jaminan tersebut tertuang dalam......
a. pasal 27
b. pasal
28
c. pasal
29
d. pasal
30
2. Kemerdekaan
menyampaikan pendapat dimuka umum diatur dalam.....
a.
UU No. 9
Tahun 1998
b.
UU No. 39
Tahun 1999
c.
UU No. 5
Tahun 1998
d.
UU No. 25
Tahun 1999
3. Berikut
adalah tujuan pengaturan tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum
menerut UU No. 9 tahun 1998, kecuali....
a. mewujudkan kebebasan yang bertanggung jawab
b. memberikan perlindungan hukum yang
konsisten
c. menghormati setiap warga negara untuk
menyampaikan pendapat secara bebas
d. mewujudkan iklim yang kondusif bagi
berkembangnya partisipasi dan kreativitas setiap warga negara.
4. Hak-hak
warga negara dalam mengeluarkan pendapat antara lain....
v Memperoleh perlindungan hukum
v Memperoleh pengawalan ketat
v Memperoleh akomodasi
v Memperoleh pemenuhan kebutuhan hidup
5. Kewajiban
dan tanggung jawab warga negara dalam menyampaikan pendapat menurut UU No. 9
Tahun 1998 adalah .... kecuali:
o
menghormati
hak-hak dan kebebasan orang lain
o
menaati hukum
dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku
o
menjaga dan
menghormati keamanan dan ketertiban umum
o
menghargai
asas legalitas
C. Isian
Singkat
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban
singkat dan tepat.
1.
Kebebasan
mengeluarkan pendapat di Indonesia dibatasi oleh Undang-undang. Hal ini
menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara .....................
2.
Jaminan
kemerdekaan mengemukakan pendapat dalam UUD 1945 hasil amandemen diatur dalam
pasal.........................dan.............................
3.
Penyampaian
pendapat dimuka umum wajib diberitahukan secara tertulis kepada Polri
selambat-lambatnya.....................................
4.
Kemerdekaan
mengemukakan pendapat di muka umum harus berdasarkan keseimbangan antara
..........................
5.
Kegiatan
dialog, demonstrasi, pawai, rapat umum adalah merupakan kegiatan dalam
rangka...........................
D. Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1.
Jelaskan
pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebasdan bertanggung jawab
2.
Jelaskan isi
pasal 28 UUD 1945 dan pasal 28 E ayat
(3) UUD 1945.
4.
Sebutkan
asas-asas yang harus dipegang dalam mengemukakan pendapat dimuka umum, minimal
3!
Mengetahui Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MTs Syarif Hidayatullah
Jetis
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / II
Standar kompetensi : 4. Menampilkan Perilaku Kemerdekaan
Mengemukakan pendapat Secara Bebas dan Bertanggung Jawab.
Kompetensi Dasar :4.3 Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan
bertanggung jawab.
Indikator
Menunjukkan sikap positip terhadap penggunaan hak
mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
Alokasi waktu :
4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. menunjukkan sikap positip dengan cara
memberikan komentar atas pengalaman melihat kelompok yang melakukan
demonstrasi, baik yang langsung maupun melalui media elektronik dan cetak.
2. Menganalisa
hal-hal yang terjadi dalam kegiatan unjuk rasa yang dilihatnya.
3. Mensimulasikan
kegiatan demonstrasi.
B. Materi
Pembelajaran
1. Kemerdekaan
mengemukakan pendapat.
siswa dengan personil Madrasah, antar sesama siswa
C. Metode
Bermain peran, Curah gagasan/pengalaman, Penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
Tujuan 1, 2 dan3
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
|||
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang
akan diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan
Inti
a. Membagi siswa menjadi 8 kelompok b. Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk
Mengemukakan pengalaman
melihat kelompok yang
melakukan demonstrasi, baik
yang dilihat langsung,
maupun melalui media cetak dan
elektronik, dan menilai
kejadian yang dilihatnya.
c. Perwakilan kelompok secara acak
mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi kelompok lain.
d. Tanya
jawab dan pelurusan hasil diskusi.
|
10 menit
60 menit
|
|
|||
3.
|
Penutup
a. Meminta salah seorang siswa merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan.
b. Guru bersama siswa menyimpulkan
materi untuk pemahaman siswa.
c. Guru memberikan tugas kepada
siswa untuk membuat surat
pemberitahuan unjuk rasa kepada Polisi.
|
10 menit
|
|
|||
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai.
d. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok.
Kegiatan Inti a Masing-masing kelompok berbaris dengan membawa spanduk, bernyanyi, dan meneriakkan yel-yel.
b. Setiap
kelompok melingkar, berorasi, dan meneriakkan yel-yel.
Penutup
a. Salah seorang diminta untuk melakukan refleksi atas pengalaman belajae yang telah diikuti.
b. Guru bersaa siswa menyimpulkan
materi untuk memantapkan pemahaman
siswa.
Mengadakan post test
c. Penilaian dengan Quis |
10 menit
40 menit
30 menit
|
|
E. Sarana dan Sumber belajar
o
Gambar unjuk
rasa
o
UUD
1945
o
UU
No. 9 Tahun 1998
o
Buku
materi PKn Penerbit Ganeca Exact, Bandung 2005
F. Penilaian
Quesioner, bentuk : Skala sikap
Petunjuk: Berilah tanda cek(V) pada kolom yang
sesuai dengan pendapat kalian.
No
|
PERNYATAAN
|
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
1
|
Bagi kelompok yang akan berdemo diharuskan
meminta ijin terlebih dahulu.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Dalam berdemo harus jelas siapa yang menjadi
pimpinan, berapa jumlah peserta, dan apa yang akan disampaikan.
|
|
|
|
|
|
3.
|
Hari minggu tidak boleh melakukan demo.
|
|
|
|
|
|
4.
|
Membakar foto presiden dan lambang negara dalam
berdemo merupakan tindakan pidana.
|
|
|
|
|
|
5.
|
Berdemo yang disertai pengrusakan fasilitas umum
merupakan tindakan anarkis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Bondowoso
, 01 Juli 2011
Kepala MTs
Syarif Hidayatullah Jetis Guru
Mata Pelajaran PKn
Moh Abd Halik, S.Sos.I Moh
Abd Halik, S.Sos.I